Karawang - Menteri Agama Suryadharma Ali membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXII Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Karawang pada 21-27 April 2012. Musabaqah ini diikuti 903 peserta kafilah dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

"MTQ kita harapkan menyegarkan dan mengingatkan kita bahwa Al Quran tuntunan bagi semua baik secara pribadi maupun masyarakat," kata Menteri Agama pada pembukaan MTQ, Sabtu (21/4) malam yang dihadiri Hj Indah Suryadharma Ali, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf, Bupati Karawang Ade Swara serta ribuan warga yang memadati Lapangan Karang Pawitan tempat pembukaan musabaqah.

Suryadharma berharap, dengan MTQ selain menghaluskan bacaan Al Quran, memerdukan suara agar Al Quran enak didengar, namun seyogyanya Al Quran dapat menggetarkan jiwa kita, sehingga Al Quran tertanam dalam jiwa kita.

"Jadikan Al Quran sebagai solusi masalah," ucap alumni IAIN (kini UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Menag juga mengungkapkan, dalam dua bulan ini sampai dengan Mei mendatang, pelaksanaan MTQ terjadi dimana-mana. Ayat-ayat suci dilagukan menggema di seluruh angkasa persada nusantara. Tingkat kabupaten-kota, tingkat provinsi musabaqah dilakukan.

"Alhamdulillah menjadi tradisi kita, tradisi yang sangat baik bagi masyarakat muslim di Indonesia," tuturnya seperti dikutip kemenag.go.id.

Menurut Menag Suryadharma Ali, MTQ adalah salah satu bentuk bagi kita umat Islam untuk menjaga Al Quran. Al Quran dijaga di dalam hati dan pikiran umat Islam, dan pada saat ini terus berkembang para hafidz dan hafidzah dengan kualitas masing-masing.

BACA JUGA: