JAKARTA, GRESNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, Kementerian Luar Negeri berperan aktif menghadirkan fasilitas baru berupa layanan pesan pendek (SMS) gratis kepada seluruh WNI di luar negeri.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu Ahmad Rusdi mengatakan, program layanan sms gratis ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan perlindungan maksimal kepada WNI yang tersebar di luar negeri.

Mengingat rawannya kondisi WNI di luar negeri, Ahmad menuturkan bahwa kehadiran layanan berupa sms gratis tersebut akan membantu memperkuat akses dan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat baik untuk tujuan pengaduan maupun hal-hal sejenis lainnya. "Diharapkan kedepannya masyarakat dapat menginformasikan keberadaannya ke alamat atau nomor telepon Perwakilan Republik Indonesia terdekat ketika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri," jelas Ahmad di Gedung Alatas Kemenlu, Jakarta.

Sebagai bagian dan wakil pemerintah di luar negeri, lanjut Ahmad, staf atau Perwakilan Republik Indonesia siap sedia melindungi, membantu dan memfasilitasi kebutuhan informasi setiap warga Indonesia di luar negeri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Inter Carrier Government Relations (ICGR), PT Hutchison 3 Chandra Hawan Aden menerangkan bahwa sebagai pengguna jasa operator seluler merk 3 (Three) secara otomatis akan memperoleh informasi alamat dan nomor telepon Perwakilan Republik Indonesia terdekat di tempat tujuan mereka masing-masing.

Fasilitas pelayanan publik tersebut diprakarsai oleh pihak Kemenlu dan Pelayanan Operator Indonesia PT Hutchison 3. Kerjasama ditandai dengan acara penandatanganan antara Ahmad Rusdi sebagai perwakilan Kemenlu dan Direktur Inter Carrier Government Relations (ICGR), Chandra Hawan Aden mewakili PT Hutchison 3 Indonesia.

BACA JUGA: