JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan menyatukan biaya passenger service charge (PSC) ke dalam tiket dan melakukan pengutipan biaya PSC pada saat penumpang membeli tiket penerbangan per 1 Februari 2015. Pemberlakuan aturan tersebut hanya berlaku bagi tiket penumpang yang akan melaksanakan penerbangan mulai pada tanggal 1 Maret 2015.

"PSC berlaku untuk tiket penerbangan dengan tanggal perjalanan mulai 1 Maret 2015," kata Vice Presiden Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto, Jakarta, Senin (26/1).

Dia menjelaskan, bagi penumpang yang terbang sebelum tanggal 1 Maret 2015, tidak dikutip biaya PSC ketika melakukan pembelian tiket dan tetap membayar PSC di bandara ketika check in. Demikian pula dengan penumpang yang terbang diatas 1 Maret 2015 namun membeli tiket sebelum 1 Februari 2015. "Mereka juga tetap melakukan pembayaran PSC di bandara," kata Pujobroto.

Dia mengatakan, pengutipan biaya PSC pada tiket tersebut sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI No. KP/447/2014 tanggal 9 September 2014 mengenai ketentuan  pembayaran "Passenger Service Charge" (PSC) pada tiket. Pelaksanaan Ketentuan tersebut bekerjasama dengan pihak PT Angkasa Pura I dan II, maskapai penerbangan dan International Air Transport Association (IATA).

"Implementasi PSC pada tiket tersebut telah sesuai dengan standar IATA dan ketentuan ini berlaku untuk semua maskapai domestik dan internasional yang terbang dari dan ke Indonesia," tegas Pujobroto.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sebelumnya menegaskan penerapan PSC on ticket harus dilaksanakan paling lambat 1 Januari 2015. Penerapan PSC on ticket harus diberlakukan kepada seluruh maskapai di Indonesia dan tanpa terkecuali.

Menurutnya penerapan PSC on ticket merupakan suatu keharusan bagi seluruh maskapai. Dia menegaskan suka tidak suka, maskapai harus menerapkan PSC on ticket. Untuk itu, Jonan mengaku akan mengeluarkan peraturan resmi disertai dengan sanksi terkait penerapan PSC on ticket "Airport Tax itu harus masuk ke tiket. Mau nggak mau, itu harus," kata Jonan.

BACA JUGA: