Sejumlah pengendara sepeda motor nekad melintasi jembatan penyeberangan dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Padahal jembatan penyebrangan itu khusus bagi para pejalan kaki. Faktor keselamatan diabaikan oleh pengguna kendaraan bermotor ini demi untuk mengejar waktu. Akibat sering dilakui kendaraan bermotor kondisi jembatan penyebrangan juga kotor dan kumuh.

Untuk mengelola jembatan penyebrangan ini Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah mengatakan hendak menyerahkan tanggung jawab pengelolaan jembatan penyeberangan orang kepada perusahaan periklanan. Selama ini tugas tersebut diemban oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan dinas tersebut hanya membersihkan jembatan setengah tahun sekali.

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI tengah berencana untuk mempercantik JPO dengan memasang papan iklan. Perusahaan pemasang iklan itulah berkewajiban dan bertanggung jawab membersihkan JPO. Pemprov DKI Jakarta akan membuat peraturan baru terkait pembersihan JPO. Dari enam bulan sekali, peraturan pembersihan akan diubah menjadi dua hari sekali.

(Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: