JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan masyarakat dan pemerintah daerah harus terus siap siaga menghadapi siklon tropis Bolaven yang diperkirakan meningkat dalam 24 jam ke depan.

Siklon ini berada di sebelah Timur Hongkong di Laut China Selatan dan bisa memberikan dampak kondisi cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intensitas ringan-sedang dapat terjadi di Sumatera bagian utara, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua; gelombang Laut dengan tinggi 2-3 meter berpeluang di Selat Makassar bagian selatan, Perairan timur Kep. Wakatobi, Perairan timur Sulawesi Tenggara, Laut Banda , Perairan selatan Ambon, Perairan Kep. Kai dan Aru, Perairan Kep. Sermata dan Leti, Perairan Kep. Babar dan Tanimbar, Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso, Perairan Merauke.

"Gelombang laut dengan tinggi 3-4 meter berpeluang di Laut Arafuru selatan Merauke, Laut Cina Selatan," kata Sutopo, Minggu (26/8).

BACA JUGA: