Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan meningkatkan kerjasama dengan Bank Negara Malaysia (BNM) untuk menggarap pangsa pasar industri syariah antar kedua negara. Sebab, potensi perbankan syariah di Malaysia sangat baik dan memang menjadi acuan negara-negara lain.

"Potensi perbankan syariah di Malaysia sangat baik, terutama jadi acuan negara-negara lain," kata Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution dalam sambutannya di acara "Joint High Level Conference on Islamic Finance" BI-Bank Negara Malaysia di  Jakarta (18/7).

Malaysia menurut Darmin, menjadi pemimpin industri keuangan syariah di negara Asia. Perbankan syariahnya kata Darmin, telah berkembang sejak tahun 1983.

"Dimulai dari tabungan haji produk di sana yang berbeda 10 tahun dengan Indonesia. Di Malaysia perbankan syariahnya telah menguasai 22 persen pangsa total industri dengan memiliki 22 bank syariah serta pasar keuangan syariah yang memiliki pangsa 72 persen sukuk," papar Darmin.

Darmin menambahkan, dengan melihat perkembangan tersebut di Indonesia yang memang memiliki penduduk Muslim yang cukup banyak, akan melihat bagaimana Malaysia mengembangkan perbankan syariahnya.

"Bagaimana melayani pangsa pasar dan Indonesia akan melihat bagaimana cara top down yang digunakan Malaysia dimana dengan dukungan langsung dari pemerintahnya. Berbeda dengan Indonesia yang ternyata bottom up," pungkas Darmin.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bank Sentral Malaysia Zeti Akhtar Aziz menekankan, lembaga keuangan Islam di dunia terus menunjukkan peningkatannya, terutama industri perbankan syariah.

"Oleh karena itu harus didukung SDM (Sumber Daya Manusia) di industri syariah yang cukup besar. Dan sangat diperlukan pengembangan kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia," ucap Zeti.

Menurut Zeti, industri ekonomi syariah kini telah berkembang pesat dan menjadi bagian penting transaksi lintas negara.

"Bagi Indonesia-Malaysia ada peluang strategis untuk memperkembangkan lagi keuangan Islam dan merangsang bersama transaksi lintas negara Islam ini," kata Zeti.

(feb)

BACA JUGA: