Sejumlah tamu undangan berjalan di dekat kapal pada peresmian penamaan kapal pengangkut LPG terbesar di dunia Pertamina Gas 2 di Galangan Kapal Hyundai Heavy Industries, Ulsan, Korsel, Rabu (23/4). Untuk kedua kalinya Pertamina memesan pembelian  Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) untuk keperluan mengangkut gas elpiji. Kapal raksasa dan terbesar didunia  itu mampu mengangkut 84.000 meter kubik LPG dan akan mulai beroperasi pada pertengahan Mei 2014.

Sebelumnya 17 September 2013 PT Pertamina (Persero) telah memesan kapal serupa yang kemudian diberi nama Pertamina Gas I. Dengan pembelian dua kapal gas ini Pertamina total memiliki 61 kapal, dari 191 kapal yang dioperasikan  untuk mengangkut minyak dan gas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kapal tersebut dibeli seharga Rp 730 miliar. Harga ini  lebih murah dari harga kapal Pertamina Gas I sebelumnya yang mencapai Rp 760 miliar.

Kapal yang rencanakan akan diserahterimakan  pada 14 Mei 2014 dan selanjutnya akan melalui proses reflagging (pergantian bendera Panama ke Indonesia) di Singapura sebelum memasuki perairan Indonesia. Pembelian dua kapal khusus elpiji ini merupakan strategi Pertamina dalam menjamin pasokan energi di dalam negeri. Kapal ini merupakan kapal elpiji ke-8 yang dimiliki Pertamina dari total 28 kapal yang digunakan Pertamina untuk mendistribusikan elpiji. Pembelian kapal yang disebut-sebut sudah green technology ini dinilai lebih efisien dibandingkan harus sewa. (Foto: ANTARA/Teks: Gresnews.com)

BACA JUGA: