Suasana rekapitulasi suara pilpres 2014 di ruang sidang utama gedung Komisi Pemilihan Umum Jakarta, Selasa (22/7) memanas akibat tim saksi-saksi Prabowo-Hatta menarik diri dari proses Pilpres 2014. Dalam pernyataannya di markas pemenangan kubu nomor urut 1, Prabowo menyatakan menarik diri dari proses Pilpres 2014 dengan alasan telah terjadi kecurangan yang massif, namun fakta itu diabaikan KPU. Prabowo menyatakan akan mengambil langkah konstitusional dalam menyelesaikan masalah ini seraya meminta pendukungnya tetap tenang. Prabowo sendiri tidak didampingi oleh wakilnya Hatta Rajasa.

Meski begitu, KPU mengklaim proses rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Presiden 2014 berlangsung transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Hingga Selasa siang, masih tersisa pembahasan perolehan suara di empat provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua dan Sumatera Utara. Perolehan sementara di 29 provinsi, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 44.423.048 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengantongi 51.954.617 suara.
Rencananya, rapat pleno terbuka pengesahan dan pengumuman pemenang Pilpres 2014 tetap akan dimulai pukul 16.00 WIB setelah semua sertifikat hasil rekapitulasi di tingkat provinsi selesai dibacakan. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: