Para penumpang angkutan umum bus kota mulai bisa memanfaatkan terminal Manggarai sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Sabtu (19/4) para penumpang sudah mulai banyak yang naik dan turun bus kota dari terminal ini. Terminal dengan konsep mezzanine (pemisahan jalur orang dan kendaraan) ini, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi pengguna transportasi umum.

Terminal yang memakan biaya pembangunan sebersar Rp12,5miliar ini terdiri dari empat lantai, dilengkapi dengan tiga eskalator dan satu elevator. Terminal ini juga memiliki jembatan penyeberangan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki dan pengguna angkutan umum. Jokowi sendiri mengaku puas dengan hasil revitalisasi terminal Manggarai ini. Dia berjanji, dalam waktu dekat, semua terminal bus kota yang ada di Jakarta akan dipercantik.

Kata Jokowi, terminal ini hanya tinggal disempurnakan dengan menghubungkannya dengan stasiun Manggarai. Pemprov DKI rencananya akan membuat jalan penguhung langsung ke dalam stasiun untuk meningkatkan konektivitas antar moda angkutan umum di Jakarta. Selain Manggarai, ada enam terminal lain yang akan dibangun seperti ini. Terminal-terminal itu adalah Pinang Ranti, Kalideres, Kampung Rambutan, Klender, Muara Angke, dan Rawamangun. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: