Sejumlah penumpang duduk di dalam gerbong Kereta Api (KA) Jayabaya jurusan Malang-Jakarta saat tertahan di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (23/5) malam. Menurut PT KAI, dampak tabrakan KA Bangunkarta dan KA Barang di Cirebon, seluruh KA jurusan Jakarta dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dialihkan ke jalur Selatan Prupuk-Cirebon.
Peng

Proses evakuasi gerbong KA Bangunkarta yang mengalami kecelakaan melibatkan KA barang di Cirebon masih berlangsung. Setelah satu dari tiga gerbong berhasil dievakuasi ke Stasiun Cirebon, ternyata rel sepanjang 10 meter rusak akibat benturan.

"Jalur 2, jalur 3 dan jalur 4 Stasiun Waruduwur belum dapat dilalui. Jadi cuma jalur 1 saja untuk sementara," kata Vice President Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin saat dihubungi, Minggu (24/5).

Selain menangani rel yang rusak tersebut, PT KAI juga tengah mengupayakan evakuasi gerbong KA barang yang merintang di jalur 4, lokomotif yang menghalangi jalur 2 dan jalur 3. Jalur 1 telah dilintasi KA sejak pukul 05.00 WIB. "Intinya dampaknya beruntun keterlambatan jadwal kereta lainnya," ujar Agus.

Akibat peristiwa kecelakaan ini, Agus menyatakan PT KAI meminta maaf kepada para penumpang yang mengalami gangguan jadwal KA sejak Sabtu (23/5) malam hingga pagi ini. "Kami atas nama manajemen PT KAI menyampaikan permohonan maaf, baik untuk penumpang KA Bangunkarta maupun yang terdampak akibat," ucap Agus. (ANTARA/teks:dtc)

BACA JUGA: