Game online yakni program permainan yang harus didukung layanan internet kini menjadi salah satu permainan yang digemari kalangan anak-anak, bahkan tak jarang orang dewasa memainkannya. Bermodalkan ruangan yang tidak terlalu besar, biasanya minimal 3 x 3 meter persegi, seseorang dapat menyewakan internet sekaligus game online.

Usaha game online atau permainan yang berbasis internet umumnya dimiliki perorangan, bukan badan hukum. Bagaimanakan hukum usaha game online ini? Apalagi belakangan marak kabar bahwasanya warnet yang menyediakan layanan game online marak dilakukan penertiban karena banyak anak-anak yang lupa waktu ketika memainkan game online.  

Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-Dag/Per/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (Permendag 36/2007), yang dimaksud perusahaan kecil adalah:

1. Perusahaan yang diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pribadi, pemiliknya sendiri, atau yang mempekerjakan hanya anggota keluarganya sendiri;
2. Perusahaan yang tidak diwajibkan memiliki izin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang; atau         
3. Perusahaan yang benar-benar hanya sekadar untuk memenuhi keperluan nafkah sehari-hari pemiliknya.

Dengan demikian, apabila usaha game online memenuhi kriteria di atas, maka tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran perusahaan. Pendaftaran perusahaan tetap dimungkinkan jika perusahaan perorangan tersebut menginginkan untuk hal tertentu. Misalkan jika ada rencana membesarkan usaha tersebut sampai membuka cabang.

Sehingga konsekuensinya, usaha game online tetap harus memiliki izin kegiatan usaha, dengan memiliki dokumen Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP); Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); dan Izin Gangguan.

Sedangkan mengenai penertiban dikarenakan banyak anak-anak yang waktu luangnya dhabiskan di tempat game online, maka yang perlu ditertibkan adalah waktu beroperasinya usaha game online tersebut.

HARIANDI LAW OFFICE

BACA JUGA: