Rekomendasi KPK Laku Keras Buat Pilih Pejabat

Sabtu, 27 Desember 2014, 04:01:39 WIB - Politik

Gedung Kementerian Keuangan (commons.wikimedia.org)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali dipercaya untuk menelusuri rekam jejak para calon pejabat negara. Lembaga antirasuah itu kembali mendapat tugas menelusuri rekam jejak untuk pemilihan calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak. Sebelumnya KPK juga pernah diminta hal serupa yaitu mencari track record para calon menteri oleh Presiden Joko Widodo serta para calon Hakim Mahkamah Konstitusi oleh panitia seleksi.

Terkait hal itu, Wakil Menteri Keuangan pun menyambangi Kantor KPK walaupun pada malam hari dengan menggunakan mobil Toyota Alphard B 1847 RFS. "Ini pansel Dirjen Pajak saja. Kami kan minta bantuan KPK utk memberikan tanggapan terhadap 11 calon Dirjen Pajak itu," kata Mardiasmo kepada wartawan, Rabu (24/12) malam.

Ia mengatakan, alasannya meminta bantuan KPK agar harta kekayaan calon Dirjen Pajak dapat diketahui asal usulnya. Hal ini bertujuan, agar Kementerian Keuangan mendapatkan pimpinan di sektor utama penerimaan negara itu yang terbebas dari indikasi korupsi.

Mardiasmo mengaku, ada beberapa catatan yang diberikan KPK usai ia bertemu dengan pimpinan selama hampir dua jam. Namun ia menampik adanya nama calon yang diberikan tanda merah dan kuning seperti pada seleksi calon Menteri. "Ada beberapa catatan, ada beberapa masukan. Enggak ada itu (tanda merah atau kuning)," imbuhnya.



Selain itu, untuk mencari track record lainnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pajak itu juga bekerjasama dengan instansi negara lainnya. Dan dari penemuan-penemuan para lembaga itu kemudian dikalkulasikan agar menentukan siapa saja calon yang akan lolos dalam tahap selanjutnya.

"Kami minta dari PPATK, dari BIN, dari KPK yang terakhir ini. Nanti ditabulasikan, kami kumpulkan, dan kerucutkan sesuai dengan informasi dan dipilih yang terbaik," tandasnya.

Ia berharap KPK dapat segera menindaklanjuti permintaan ini mengingat tenggat waktu untuk menyerahkan nama-nama itu kepada pihak berwenang Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro semakin menyempit yaitu pada Selasa, pekan depan. "Ya dalam waktu dekat ini. Jadi paling lambat Selasa sudah serahkan ke Kementerian Keuangan. Karena keputusannya itu di Kementerian Keuangan," cetusnya.


Berikut 11 Nama Calon Dirjen Pajak Yang Diserahkan Kepada KPK :

1. Catur Rini Widosari

2. Dadang Suwarna

3. Muhammad Haniv

4. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol

5. Puspita Wulandari

6. Rida Handanu

7. Sigit Priadi Pramudito

8. Suryo Utomo

9. Edi Slamet Irianto

10. Ken Dwijugiasteadi

11. Wahju Karya Tumakaka.

Komentar