JAKARTA, GRESNEWS.COM - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diapresiasi sejumlah anggota DPR. Pertemuan tersebut dianggap bisa mencairkan hubungan dan ketegangan politik yang terjadi antara kedua lembaga negara tersebut paska pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri maupun rentetan peristiwa lainnya seperti menaikkan harga bahan bakar minyak yang membuat DPR berencana mengajukan hak interpelasi pada presiden.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya yang juga juru bicara Koalisi Merah Putih mengatakan pertemuan antara Jokowi dan Prabowo hanya pertemuan biasa. Menurutnya, presiden berhak bertemu dengan siapapun termasuk ketua umum partai politik di luar partai pengusungnya. Saat ditanya agenda pertemuan selain soal melaporkan keberhasilan kejuaraan pencak silat Indonesia dalam pertandingan di Thailand, Tantowi menjelaskan Prabowo juga memberikan sejumlah masukan pada Jokowi. Misalnya terkait konflik Polri dan KPK, APBN, pilkada, dan persoalan BBM.

"Tapi apa masukan Prabowo belum tentu dijadikan acuan. Sebagaimana diawal, pertemuan itu selalu berikan aura positif," ujar Tantowi saat ditemui wartawan di DPR, Jakarta, Jumat (30/1).

Ia melanjutkan pertemuan yang memberikan aura positif antara Jokowi dan Prabowo sangat bagus untuk memperlihatkan ada persahabatan yang terus dibina antara KMP dengan Jokowi. Apalagi KMP sempat diberitakan akan menjadi ´hantu´ yang menghalangi langkah Jokowi sebagai presiden. Selain itu pertemuan tersebut juga memperlihatkan ada kesinambungan antara pemerintah dan pihak yang berada di luar pemerintahan.

Senada dengan Tantowi, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah menyatakan apresiasinya atas inisiatif Jokowi membangun komunikasi dengan tokoh politik seperti ketua umum Gerindra Prabowo dalam pertemuan di istana Bogor. Pertemuan tersebut menurutnya bisa mencairkan ketegangan politik yang muncul antara pemerintah dan parlemen. Dalam hal ini, terkait dukungan fraksi Gerindra pada pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Gerindra memberikan dukungan penuh terhadap pencalonan Budi bahkan selalu mendesak agar presiden Jokowi segera melantik Budi sebagai Kapolri sesuai mekanisme ketatanegaraan yang berlaku," ujar Basarah dalam pesan singkatnya pada wartawan, kemarin (29/1).

Ia menceritakan Gerindra dan fraksi di KMP juga sudah menyiapkan sejumlah hak interpelasi dan angket pada Jokowi. Ia berharap pertemuan tersebut bisa mencairkan hubungan antara pemerintah dengan parlemen serta antara fraksi pengusung pemerintah dengan fraksi KMP.

Sebelumnya, Prabowo menemui Jokowi sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Prabowo melaporkan Indonesia sebagai juara pencak silat dalam kompetisi di Thailand. Prabowo pun melaporkan ia kembali terpilih sebagai ketua pencak silat dunia.

BACA JUGA: