Indonesia Siap Menjadi Ketua APEC 2013

Minggu, 09 September 2012, 22:00:06 WIB - Politik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (demokrat.or.id)

Indonesia siap menjadi ketua APEC 2013. Ini akan menjadi kedua kalinya Indonesia sebagai tuan rumah KTT APEC, setelah delapan tahun lalu di Bogor, Jawa Barat.

Demikian ditegaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Briefing Room, International Media Centre, FEFU, Pulau Rusky, Wladiwostok, Rusia, Minggu (9/9).

"Kita akan lakukan segala sesuatunya dengan baik. Harapan kita nanti, kita bisa mencapai prestasi yang baik sebagai tuan rumah APEC, setelah tahun 1994 kita juga menjadi tuan rumah di Bogor, yang menghasilkan Bogor Goals yang sampai sekarang masih dirujuk dan menjadi orientasi dari kebersamaan APEC ini," kata Presiden seperti disitir presidensby.info

Belajar dari pengalaman penyelenggaraan APEC di Rusia, saat Indonesia menjadi tuan rumah nanti Presiden menginginkan adanya penajaman-penajaman pada isu-isu yang akan dibahas. "Sebagai contoh, saya ingin sebagai chair nanti ketika kita bicara energy security atau food security, kerja samanya harus lebih riil dan konkret, disamping yang sifatnya policy coordination yang harus kita kembangkan," katanya.



"Dari segi penyelenggaraan, saya kira semuanya harus mengakui bahwa fasilitas fisik ini bagus. Saya kira tidak mudah bagi negara manapun yang menjadi tuan rumah APEC bisa menyiapkan compound ini untuk sebuah perhelatan APEC," Presiden.

Komentar