JAKARTA, GRESNEWS.COM - Perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilihan Legislatif 2014 hanya sekitar 10% telah memangkas yang para petinggi partai untuk duduk di kursi nyaman legislatif. Bukan hanya Ketua DPR Marzuki Alie, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin pun terancam tidak lolos menjadi anggota legislatif.

Amir mengaku dirinya pasrah jika tidak terpilih menjadi anggota legislatif dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara. Amir mengakui selama ini sangat jarang melakukan kampanye di dapilnya karena mengingat jarak yang jauh. Di satu sisi, Amir selalu disibukkan dengan pekerjaannya sebagai menteri yang begitu padat dan berat.

Meskipun pasrah, Amir mengatakan berbesar hati karena dirinya menyumbang suara sepertiga dari total suara yang diperoleh dari dapilnya yaitu sebesar 115 ribu suara. Dia juga mengaku tidak kecewa dan tidak kecil hati karena posisi kursi Demokrat dapat diserahkan kepada rekan separtainya.

"Saya ini kebetulan dapilnya nan jauh di sana. Sementara pekerjaan saya begitu besar. Saya tidak kecewa dan tidak kecil hati," kata Amir, di Tangerang, Kamis (24/4).

Kendati tidak terpilih sebagai anggota legislatif, Amir bungkam terkait strategi politik yang diusung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk membentuk poros baru untuk mengusung calon presiden dari Partai Demokrat. Dia juga enggan berbicara partai mana yang diajak untuk berkoalisi dan sepakat terhadap strategi poros baru tersebut.

"Saya tidak mau berbicara soal itu, biar ketua umum saja yang berbicara," kata Amir.

Menurut pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago, gejala tidak terpilihnya petinggi partai bukan hanya dirasakan oleh Partai Demokrat saja tetapi partai-partai lain seperti Golkar dan PDIP. Karena masyarakat sudah pintar memilih wakil-wakil rakyatnya dan juga mekanisme pemilih menyoblos di lambang partainya juga salah satu penyebab petinggi partai tidak terpilih.

Di satu sisi, Andrinof menilai para petinggi partai yang tidak terpilih juga disebabkan karena sudah tidak dipercaya lagi oleh masyarakat dan juga disebabkan karena para caleg tersebut juga tidak dekat dengan masyarakat.

"Kalau dari perolehan suara memang kepercayaan masyarakat terhadap Demokrat juga sudah menurun," kata Andrinof kepada Gresnews.com, Jakarta, Kamis (24/4).

Sebagaimana diketahui, petinggi partai Demokrat bukan hanya Amir Syamsudin yang tidak terpilih sebagai anggota legislatif pada pemilihan legislatif kemarin. Ketua DPR Marzuki Alie, Wakil Ketua Umum Max Sopacua, Anggota Dewan Pembina Hayono Isman, Sutan Bhatoegana, Inggrid Kansil, Nova Riyanti Yusuf dan Ruhut Sitompul juga harus menelan pil pahit dengan tidak terpilihnya sebagai anggota legislatif.

BACA JUGA: