PDIP Melaju Sendirian di Pilgub Jabar

Minggu, 07 Januari 2018, 20:00:00 WIB - Politik

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin (kiri) dan Anton Charliyan (kanan) mengepalkan tangan saat pengumuman cagub-cawagub PDIP di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. (ANTARA)


KOALISI EMPAT PARPOL - Meski tak jadi diusung PDIP, peluang Ridwan Kamil untuk maju tak otomatis habis. Emil sendiri diusung oleh 4 parpol yaitu NasDem, Hanura, PKB, dan PPP. Hari ini, Emil dan Uu berkeliling untuk menerima surat rekomendasi dari 4 parpol tersebut.

Partai NasDem telah menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi kepada Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum untuk Pilgub Jabar. 'Setelah melalui proses politik yang panjang, NasDem mengusung kang Emil sebagai cagub dan dinamika politik yang semakin berkembang di pilkada 2018 yang ditandai berbagai macam drama akrobatik politik,' ujar Johnny di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (7/1).

Johnny lalu membacakan SK Rekomendasi untuk Ridwan Kamil dan Uu. Dengan adanya SK itu, seluruh kader NasDem diwajibkan untuk bekerja memenangkan pasangan tersebut.

'Nama cagub RK, nama cawagub Uu. surat ini menginstruksikan DPW Partai NasDem Jabar bersama-sama koalisinya mendaftarkan paslon ini ke KPUD jabar serta secara aktif bersama-sama koalisi memenangkan calon ini,' jelasnya.


Usai mendapat SK, Ridwan Kamil menyampaikan rasa senangnya. Dia juga berterima kasih kepada Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustopa yang turut hadir dalam pemberian SK itu. 'Tidak ada lagi hal yang sangat luar biasa kecuali rasa bahagia bisa hadir hari ini adalah perjalan sangat panjang,' ujar Ridwan Kamil dalam kesempatan yang sama.

Dia memastikan bersama Uu siap memimpin Jawa Barat dengan modal mereka dalam memimpin daerah. Seperti diketahui Ridwan Kamil saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Uu adalah Bupati Tasikmalaya.

'Pas kedua-duanya pemimpin daerah. Saya wali kota sehingga sangat jelas saya punya reputasi di perkotaan. Kami mohon doanya kepada 3 parpol lainnya, kami masih paling muda usianya,' ucap pria yang akrab disapa Emil itu.

Sementara itu, PKB batal memberi surat keputusan (SK) rekomendasi dukungan untuk Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum di Pilgub Jabar 2018. SK Rekomendasi akan diberikan esok hari di DPW PKB Jawa Barat di Bandung. 'Jadinya besok siang, di DPW (Jabar),' ujar Ketua Desk Pilkada PKB Daniel Johan saat dimintai konfirmasi, Minggu (7/1).

Menurut Daniel, tak ada alasan khusus pembatalan pemberian SK rekomendasi kepada Ridwan Kamil-Uu hari ini. PKB juga tak punya alasan tertentu mengganti lokasi pemberian SK. '(Batal karena) teknis saja. Di DPW biar ramai di Bandung,' sebut Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

PKB pun dipastikan akan tetap mengusung Ridwan Kamil dan Uu seperti tiga partai pendukung lainnya. 'Iya (tetap usung Ridwan Kamil dan Uu),' tambah Daniel. (dtc)


Baca selanjutnya: 1 2

Komentar