JAKARTA, GRESNEWS.COM - Jalan Ketua Umum incumbent Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk maju menjadi ketua umum lagi nampaknya akan mulus. Sejumlah elit Demokrat mengklaim SBY didukung nyaris seluruh kader di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Dengan besarnya dukungan daerah kepada SBY, diprediksi hanya sedikit bakal calon lain yang mencalonkan diri sebagai ketua umum.  

Wakil Ketua Umum Demokrat Agus Hermanto mengatakan dukungan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) agar SBY maju sebagai ketua umum diperkirakan bisa mencapai 80% lebih. Sehingga kalau semua DPC dan DPD menghendaki SBY maju lagi maka kemungkinan besar akan dipilih secara aklamasi.

"Aklamasi kan demokrasi yang hakiki karena disitu musyawarah mufakat kita laksanakan," ujar Agus saat ditemui wartawan di DPR, Jakarta, Jumat (19/12).

Ia menyadari pada pemilu 2014 perolehan suara Demokrat memang menurun dari 2009. Tapi ia meyakini di bawah kepemimpinan SBY, Demokrat pada pemilu 2019 paling tidak bisa meraih perolehan suara yang sama dengan pemilu pada 2009.

Apalagi perolehan suara Demokrat walau hanya 10% ternyata bisa melampaui ramalan pengamat yang memprediksi PD akan mendapatkan suara sangat kecil di Pemilu 2014 lalu. "Itu bisa terjadi karena kepemimpinan SBY," kata Agus.

Saat ditanya soal kemungkinan aklamasi akan menimbulkan perpecahan seperti Golkar dan PPP, Agus berpendapat, setiap partai sudah memiliki ciri khas masing-masing. Ia pun tidak terlalu khawatir dengan kemungkinan perpecahan selama proses kongres dilaksanakan sesuai dengan AD/ART dan Undang-Undang Partai Politik.

Berdasarkan AD/ART Demokrat, nantinya akan ada dukungan secara tertulis yang ditujukan untuk calon ketua umum. Dukungan tersebut akan dijumlahkan. Jika ada calon dengan nama lain, maka perlu dihitung apakah jumlah dukungannya signifikan. "Kalau hanya sedikit tidak mungkin dimasukkan ke dalam bursa calon ketua umum," ujarnya.

Agus meminta agar calon lain yang nantinya tak lolos verifikasi dukungan agar legowo. Dia yakin dengan proses yang demokratis perpecahan di tubuh PD tak akan terjadi meski nantinya SBY terpilih secara aklamasi.

Sebelumnya, sejumlah kader muda Demokrat bermaksud mencalonkan diri sebagai ketua umum Demokrat. Diantaranya politisi Demokrat Gede Pasek Suardika dan Wakil Ketua Majelis Tinggi Demokrat Marzuki Alie. Marzuki menyatakan siap berkompetisi dengan SBY untuk kongres memilih ketua umum Demokrat.

"Saya bukan tipikal pemberontak, yang penting baik untuk kader. Kalau memang itu yang terbaik, saya akan mencalonkan diri," ujar Marzuki usai diskusi survey Cyrus di Jakarta, Jumat (19/12).

BACA JUGA: