JAKARTA-GRESNEWS.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah meminta masyarakat menagih janji Plt Gubernur Banten Rano Karno untuk mundur dari jabatannya. Sebab sebelumnya Rano menyatakan siap untuk mundur jika pasangan Jokowi-JK  kalah di wilayahnya. Kini berdasar hasil hitung cepat quick count perolehan suara pasangan Jokowi-JK dikalah dibanding pasangan capres Prabowo-Hatta.  

"Itu sih kembali ke pribadi masing-masing, apalagi seorang pejabat yang dipegang kan omongannya. Yah kembali ke Pak Rano lagi," kata Tatu saat ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (10/7).

‎Seperti diketahui, hasil hitung cepat Lembaga Survei Indonesia, pasca pilpres 9 Juli 2014, Pasangan Prabowo-Hatta unggul di Banten dengan 58,73 persen suara. Sedangkan pasangan Joko Widodo Jusuf Kalla hanya memperoleh 41,27 persen suara.

Sementara sebelumnya pemeran Si Doel Anak Sekolahan ini sempat menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai Pelaksana tugas Gubernur Banten jika pasangan capres dari  yang didukung koalisinya partainya kalah. Hal itu disampaikannya terkait komitmennya menjalankan tugas yang diberikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk memenangkan Jokowi-JK.

Menurut Rano, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengancam tidak akan melantik para calon anggota legislatif terpilih jika perolehan suara Jokowi-JK kalah dengan Prabowo-Hatta di Provinsi Banten. "Ibu Mega menyampaikan kepada seluruh kader untuk berjuang keras memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Jokowi-JK. Jika kalah, konsekuensinya bagi caleg terpilih tidak akan dilantik sebagai anggota dewan nanti," kata Rano, Senin, (23/6).

Menurut dia, kebijakan tersebut juga berlaku pada dirinya yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Banten. Jika Jokowi-JK kalah, ia pun mengaku siap mengundurkan diri. "Pengunduran diri berlaku kepada semua kader PDIP. Hal ini untuk memompa semangat kader, termasuk saya sendiri," kata Rano kala itu.

Rano mengatakan pernyataan Mega menjadi penyemangat para kader dalam memenangkan pasangan Jokowi-JK. "Saya sebagai koordinator pemenangan wilayah Banten berperan untuk membantu kelancaran semua relawan dalam memberikan sosialisasi. Tapi arahan dari Bu Mega adalah menjaga dan mengamankan Banten agar tetap kondusif pada pilpres ini," tambah Rano.  Kini  terbukti melalui hitung cepat perolehan suara pasangan Jokowi-JK di Banten masih kalah dengan pasangan Prabowo-Hatta.

BACA JUGA: