JAKARTA, GRESNEWS.COM - Ada-ada saja ulah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Anggota DPR RI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zulkiflimansyah dilaporkan seorang wanita, Aries Suci Handayani yang mengaku telah ditelantarkan sebagai istri.

Kuasa hukum pelapor, Aries Suci Handayani, Muhammad Salman Darwis mengungkapkan kedatangannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mempertanyakan laporan kliennya. Dia mempertanyakan, laporannya tidak diproses oleh MKD padahal dugaan pelanggaran itu telah dilaporkan sejak akhir 5 Desember 2016 lalu.

"MKD tidak kunjung menyidangkan kasusnya meskipun diduga Zulkiflimansyah melakukan pelanggaran etik berat," kata Salman Darwis melalui keterangan tertulisnya yang diterima gresnews.com, Rabu (28/3).

Selain mengadu ke MKD, pihaknya juga sempat mendatangi fraksi Partai Keadilan Sejahtera di lantai 3 untuk mengadukan hal yang sama. Namun, kedatangannya ke fraksi juga ditanggapi oleh pihak fraksi PKS dengan alasan bukan tupoksi fraksi menanganinya.

"Kami juga mengadukan fraksi PKS tapi tidak diterima," kata Salman melalui sambungan teleponnya pada gresnews.com.

Salman bercerita, Suci yang bekerja di sebuah bank, didekati Zulkieflimansah sejak di Sumbawa yang merupakan kampung halaman Zulkieflimansyah. Lalu Suci pindah tugas agar dekat dengan Zulkiefli.

Setelah lebih dekat, terjadilah benang-benang asmara. Suci lalu melapor ke DPP PKS meminta pertanggung jawaban Zulkieflimansyah. Hasilnya, disarankan agar menikah secara siri, alias tidak resmi tercatat dalam dokumen negara meski dihadiri saksi.

"Setelah itu makin menjadi. (Suci) enggak diberi nafkah, padahal Bu Suci punya tanggung jawab dengan keluarganya," tambahnya. Suci punya 3 anak dari pernikahannya yang pertama. Dari Zulkieflimansyah, belum punya anak.

Lebih jauh, Salman mengatakan akan melaporkan dugaan kasus penelantaran itu kepada Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS). Hari ini, Kamis (29/3) pihaknya juga akan meminta kejelasan kasus tersebut ke pimpinan PKS karena dia mengaku juga telah melaporkan hal serupa namun proses penegakan disiplin organisasi di PKS juga belum dilakukan terhadap Zulkiflimansyah.

"Besok kita akan ke DPP PKS juga," tukas Salman Darwis.

TAK TAHU - Terkait laporan itu, anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Trimedya Panjaitan saat dikonfirmasi soal laporan atas nama Aries Suci Handayani mengaku belum mengetahui. Padahal, Aries Suci Handayani telah melaporkan dugaan penelantaran dirinya sebagai istri dari Zulkiflimansyah.

"Belum tahu. Nanti saja, belum terima laporannya," kata Trimedya Panjaitan saat diminta tanggapannya oleh awak media di gedung Nusantara I, Senayan Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Aries Suci Handayani menjalin hubungan secara intens dengan politisi Partai PKS itu. Zulkiflimansyah kemudian berjanji akan menikahi Suci Handayani namun komitmen itu tidak pernah merealisasikan janjinya.

Kemudian Suci melaporkan Zulkiflimansyah ke DPP PKS karena tak kunjung mendapat kepastian janjinya untuk menikahinya. Baru setelah adanya laporan itu Zulkiflimansyah menikahi Aries Suci Handayani sesuai syariat Islam secara siri. Namun setelah tiga bulan pernikahan itu, Zulkifliansyah kemudian tidak pernah menjenguk, menafkahi dan berkomunikasi dengan istri sirinya.

Atas dasar itu, dirinya meminta Mahkamah Kehormatan Dewan untuk menegur Zulkiflimansyah agar menghargai perkawinannya dengan Aries Suci Handayani. "Kita minta DPP PKS melakukan langkah langkah penegakan disiplin organisasi," tukas Salman Darwis.

BACA JUGA: