JAKARTA, GRESNEWS.COM - Bermodal wajah cantik, popularitas tinggi dan tak lupa tentunya dana yang lumayan besar mencapai Rp1 miliar, artis cantik Desy Ratnasari akhirnya bisa melenggang ke Senayan. Tak tanggung-tanggung, di daerah pemilihannya di Jawa Barat IV yang meliputi Kabupaten dan Kota Sukabumi, Desy mesti bersaing dengan istri Menteri Koperasi dan UKM Inggris Kansil.

Toh, Desy dengan bermodalkan popularitasnya mampu memenangkan persaingan dan berhasil menyingkirkan Inggrid yang juga sama-sama pesohor di layar kaca. Desy bercerita, dia memang mesti kerja keras dan mengeluarkan modal cukup besar untuk itu. Dana sebesar Rp1 miliar yang dia keluarkan kata Desy, belum termasuk sumbangan dari para konstituen. "Ya lumayan sih. Tapi pastinya dari uang pribadi saya itu sekitar Rp1 miliar. Dari konstituen Rp100 juta. Ya kurang lebih segitu," ujar Desy kepada Gresnews.com, Minggu (27/7).

Meski demikian, pelantun Tenda Biru ini tak mau pengeluaran yang cukup menguras dompetnya itu menjadi beban. Sebab baginya menjadi wakil rakyat merupakan keinginannya sendiri untuk memberikan manfaat kepada orang banyak. Justru, kata Desy yang menjadi beban baginya adalah bagaimana mewujudkan keinginan masyarakat. "Itu yang berat" ucapnya.

Hanya saja bagi Desy, setelah melenggang ke Senayan ini, adalah kerja keras dan berusaha sebaik mungkin. "Sosialisasi yang baik kepada masyarakat, turun langsung ke lapangan melihat kondisi kehidupan masayarakat dengan tindakan aksi nyata tanpa umbar janji belaka," ujarnya.

Desy menungkapkan, selama enam bulan sebelum namanya masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS), dirinya mengaku sudah turun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk berbaur dan meminta masukan, menyirap aspirasi sekaligus memperkuat mesin partai hingga tingkat desa. "Iya saya ikut turun dan masuk ke pasar-pasar, agar saya bisa merasakan bagaimana keluh kesah mereka," tutur Desy.

Hal ini juga, kata Desy, sebagai bukti bahwa dirinya tidak main-main terjun dalam dunia politik. Banyak hal yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat di daerah pemilihannya, seperti memberikan bantuan mesin jahit, program 1000 masjid, membangun MCK dan program pemberdayaan perempuan dan UKM.

Desy berharap, nantinya bisa masuk ke dalam komisi yang membidangi perempuan dan perlindungan anak. Bila nanti sudah bekerja jadi wakil rakyat, Desy akan berkonsentrasi penuh dan kemungkinan besar akan meninggalkan pentas hiburan. "Saya belum tahu seperti apa nantinya. Saya dengar dari teman-teman, di DPR nggak bisa satu-dua jam. Ini tantanganya. Biar nanti kita terus berkordinasi terus dengan fraksi PAN di DPR," pungkasnya.

Soal persaingannya dengan Inggrid, Desy bercerita, persaingan itu terbilang sulit. Sebab dia berhadapan dengan caleg incumbent. Desy mengaku beruntung dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), dia berhasil menyingkirkan caleg incumbent dari partai Demokrat yang bernama lengkap Inggrid Maria Pulupi Kansil itu.

Inggrid sendiri memperoleh suara sebanyak 30.772 suara dengan rincian di Kota Sukabumi mendapatkan 6.668 suara dan di Kabupaten Sukabumi sebanyak 24.104 suara. Sementara untuk Desy Ratnasari 56.397 suara dengan rincian di Kota Sukabumi memperoleh suara 13.019 suara dan 43.378 suara di Kabupaten Sukabumi.

Sehingga, dari jatah enam kursi yang diperebutkan di dapil IV Jabar yakni Kota dan Kabupaten Sukabumi dua caleg Partai Demokrat yang saat ini masih duduk di DPR RI harus tersingkir karena raihan suaranya kalah.

Selain Desy yang lolos dari Dapil ini adalah Dewi Asmara (Partai Golkar), Ribka Tjiptaning (PDI Perjuangan), Yudi Widiana Adiya (PKS), Reni Marlinawati (PPP), Desy Ratnasari (PAN) dan Heri Gunawan (Partai Gerindra).

Bagi Inggrid Kansil kekalahan ini memang membuatnya gagal kembali duduk menjadi anggota dewan. Tetapi beruntung, sang suami Syarief Hasan lolos ke Senayan. "Inggrid Kansil gagal. Di Sukabumi kita kalah," ujar Herlas Juniar Sekretaris Partai Demokrat Jabar beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, di Jabar, Partai Demokrat menyumbang 1 kursi di masing-masing dapil kecuali dari Sukabumi. "Kita harus lepas (kursi) Sukabumi," katanya.

Sementara itu, suaminya Ingrid, Syarief Hasan malah duduk di kursi Senayan menggantikan Inggrid. Syarief menjadi caleg di Dapil III, Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor. "Syarief malah lolos di Cianjur," katanya. (dtc)

BACA JUGA: