JAKARTA, GRESNEWS.COM - Calon presiden Prabowo Subianto lebih memilih menyambangi rumah pemenangan timnya di Rumah Polonia, Cipinang Cimpedak, Jakarta Timur daripada datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia akan membuat rapat kecil dengan tim pemenangannya sebelum mendengar hasil rekapitulasi Pilpres di KPU.

Selain itu, Prabowo pun akan memberikan pernyataan pers sekaligus mengadakan rapat dengan timkamnas. Prabowo yang memakai kemeja putih ini tiba lengkap dengan pengawalan sekitar pukul 11. 00 WIB. Sayangnya dia tidak berkomentar saat datang dan langsung memasuki rumah.

Direktur relawan tim pemenangan Prabowo-Hatta, Harris Bobihoe mengatakan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa akan menggelar konferensi pers terkait hasil Pilpres 2014. "Saya kira nanti secara detail akan disampaikan bagaimana sikap yang dilakukan timkamnas terhadap hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU ini," kata Haris di Rumah Polonia, Selasa (22/7).

Menurut Harris, pasangan nomor urut satu (1) ini juga tidak akan mendatangi kantor KPU saat pengumuman pukul 16.00 WIB nanti. Prabowo-Hatta akan tetap berada di Rumah Polonia. Pertimbangannya KPU akan bertambah ramai jika Prabowo hadir.

Lagi pula, kata dia undangan dari penyelenggara tersebut tidak mewajibkan untuk hadir. "Lebih baik beliau di sini (Rumah Polonia) berkumpul bersama tim dan relawan. Karena orang dengar Pak Prabowo dan Pak Hatta orang pasti datang," terangnya.

Haris menjelaskan, pasca pengumuman dari KPU nanti salah satu langkah yang akan diambil adalah melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika kalah. Tapi pihaknya masih menunggu hasil resmi dari KPU sore ini. "Kita lihat dulu apakah keputusannya hari ini," ucapnya.

Meski demikian, gugatan yang disiapkan timnya ke MK itu bukan berarti juga pihaknya mengaku kalah. Karena dari hasil internal koalisi merah Puith Prabowo-Hatta lah yang menang. Tapi sesuai dengan real count yang direlease KPU Prabowo-Hatta berada dibawah Jokowi-JK. "Dari data tabulasi suara Prabowo-Hatta menunujukkan hasil signifikan, tapi data KPU kami berada dibawah Jokowi. Ya kita lanjutkan ke MK nanti," terangnya.

Ditempat yang sama, Dewan Penasehat Prabowo-Hatta, Akbar Tandjung menyatakan, akan menyampaikan hasil yang menjadi kesepakatan Koalisi setelah rapat. Termasuk langkah gugatan yang dilayangkan ke MK jika Prabowo-Hatta kalah.

"Nanti setelah rapat, pada waktunya kalian akan ketahui apa kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan ini," ujarnya.

Sejumlah anggota parta koalisi terus didatangi oleh elit koalisi Merah Putih, seperti Akbar Tandjung, Mahfud Md Hashim Djodjohadikusumo, adik kandung Prabowo Subianto tampak hadir dalam dalam rapat itu. Wakil Ketua Tim Pemenangan George Toisutta, Direktur Relawan Didik Hariyanto, Harris Bobihoe, Djoko Santoso dan lain-lain. Namun, cawapres Hatta Rajasa belum terlihat dilokasi.

Seperti diketahui, KPU hari ini tinggal menyelesaikan penghitungan di 5 provinsi tersisa yakni Sumatera Utara, Papua, Maluku Utara, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Dari hasil rekapitulasi di 28 provinsi, pasangan Jokowi-JK unggul sementara dengan 52,49%, sementara Prabowo-Hatta memperoleh 47,51%.

BACA JUGA: