Poros Ketiga Goyang Khofifah-Gus Ipul

Rabu, 03 Januari 2018, 14:00:00 WIB - Politik

Yenny Wahid bersama saudara-saudaranya mendampingi sang ibu Sinta Nuriah Wahid di acara peringatan Sewindu Haul Gus Dur di Jakarta, Jumat (22/12). (ANTARA)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Panggung Pilgub Jawa Timur memang seolah sudah dikuasai oleh dua tokoh dari 'trah' Nahdlatul Ulama (NU) yaitu Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. Namun, dominasi Gus Ipul-Khofifah, coba digoyang oleh PKS yang menawarkan wacana mengusung poros ketiga bersama PAN dan Gerindra.

Soal siapa yang bakal diusung oleh ketiga partai ini memang belum terlalu jelas. Namun belakangan muncul wacana mengusung tokoh yang juga dari trah NU yaitu putri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid. Munculnya nama tokoh perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu, memang diakui karena da keterkaitan dengan Partai Gerindra.

Selama ini suami Yenny, Dhohir Farisi, pernah duduk sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra pada periode lalu. Jejak suaminya ini bisa menjadi portofolio Yenny sebagai perwakilan Partai Gerindra. Nah, wacana mengusung Yenny menguat setelah PAN juga menyatakan bakal mendukung.

Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Eddy menyatakan dukungan itu dengan tegas. 'Jadi dengan munculnya Yenny ini malah baik. Kader PAN bisa di posisi kedua,' ungkapnya.



PAN, kata Tjatur, tetap akan menyodorkan pendamping. 'Nanti bisa Yenny dengan Anang atau Bupati Bojonegoro Suyoto,' kata Tjatur.

PAN memang tampak ngotot mengajukan pendamping buat calon dari Gerindra di Pilgub Jatim. Sebelumnya, saat muncul nama kader Gerindra Moreno Soeprapto sebagai cagub, PAN menyiapkan Anang Hermansyah sebagai bakal cawagub. 'Kemarin kan ada Moreno Soeprapto, kami siapkan Anang. Setidaknya kalau di Jawa Barat tidak ada kader PAN (sebagai calon wakil gubernur), di Jawa Timur harusnya ada,' kata Tjatur.

PAN juga menyiapkan nama Bupati Bojonegoro Suyoto sebagai cawagub. Namun, menurut Tjatur, agak janggal jika Suyoto jadi cawagub untuk Moreno. Ini lantaran dari sisi pengalaman politik dan birokrasi, Suyoto lebih senior dibanding Moreno.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengakui Yenny Wahid dan Dhohir masih keluarga besar Partai Gerindra. Hanya, mengenai kepastian akan mengusung Yenny atau tidak, informasi itu baru akan diumumkan dalam dua-tiga hari ke depan.

Sementara itu, Juru bicara PKS Mardani Ali Sera mengakui nama Yenny memang mengemuka untuk diusung di Pilgub Jatim. Selama ini Yenny sudah memiliki kedekatan dengan ketua umum seluruh partai koalisi: Gerindra, PAN, dan PKS.

Sedangkan Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan koalisi belum menetapkan calon untuk Pilgub Jawa Timur. 'Belum ada pembicaraan tentang Mbak Yenny. Mungkin itu aspirasi di internal Gerindra,' kata Presiden PKS Sohibul Iman.

Jumlah gabungan kursi Gerindra, PAN, dan PKS di DPRD Jawa Timur adalah 26. Gerindra memiliki 13 kursi, PAN memiliki 7 kursi, dan PKS 6 kursi di Jatim. Jumlah tersebut memenuhi persyaratan 20 persen suara atau setara dengan 20 kursi untuk mengusung cagub dan cawagub di Jatim.

Baca selanjutnya: 1 2

Komentar