JAKARTA, GRESNEWS.COM - Perubahan nomenklatur beberapa kementerian ternyata sedikit membuat pusing pejabat di kementerian yang bersangkutan khususnya bagi menteri koordinator yang membawahkan kementerian tersebut. Kementerian ESDM misalnya, sebelumnya berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Namun sekarang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Hal ini menimbulkan sedikit kebingungan diantara menteri-menteri koordinator. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil misalnya, meminta agar Kementerian ESDM tetap bisa berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian jika ada hal-hal terkait isu-isu ekonomi. Nantinya Kemenko Perekonomian juga akan berkoordinasi dengan Kemenko Kemaritiman. "Karena bidang ESDM juga ada hal-hal yang menyangkut dengan ekonomi," kata Sofyan, di Jakarta, Rabu (29/10).

Koordinasi, kata Sofyan, bisa juga dilakukan langsung dengan sesama menteri, misalnya Menteri ESDM dengan Menteri BUMN. Kendati demikian Sofyan masih belum bisa merinci bagaimana bentuk koordinasinya. "Jadi tidak ada visi misi para menteri, yang ada adalah menteri sebagai pembantu presiden menjalankan visi misi presiden," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan Kementerian ESDM memang harus berada di bawah koordinasi kementeriannya terutama terkait masalah penyediaan energi listrik. Listrik, kata Indroyono, menjadi salah satu program utama yang harus dilaksanakan dan diselesaikan oleh Kementerian ESDM. "Misalnya, menyangkut tiga sumber daya batu bara, hydro dan panas bumi geotermal," kata Indroyono.

Untuk itu, kata dia, permasalahan energi dalam penentuan langkah-langkah kedepannya akan diatur oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Kendati demikian, Indroyono mengaku hingga tiga hari pelantikkan dirinya belum bisa membahas program-program tersebut dan juga Menteri ESDM belum memberikan laporan terhadap program-programnya, demikian pula soal kemungkinan koordinasi dengan kemenko Perekonomian.

Alasannya, kata Indroyono, dia baru menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman selama 3 hari sehingga praktis belum melakukan koordinasi secara mendalam di jajarannya. "Saya baru berapa hari sih menjadi Menko?" kata Indroyono.

BACA JUGA: