JAKARTA, GRESNEWS.COM - Politisi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita yang dipecat dari partainya menyatakan akan menempuh jalur hukum,  ia menilai pemecatan terhadap dirinya dilakukan secara sepihak. Partai berlambang Beringin itu mengambil keputusan memecat Agus karena memberi dukungan pasangan capres dan cawapres Jokowi - JK.

"Saya sangat menyayangkan adanya keputusan tersebut, dan dengan terpaksa saya akan menggunakan jalur hukum," katanya saat dihubungi Gresnews.com, Rabu, (28/6).

Namun, Agus enggan menjelaskan lebih jauh, jalur hukum seperti apa yang bakal diambilnya. Sebab dirinya masih mempelajari keputusan pemecatan yang diberikan oleh DPP Partai Golkar. "Kami masih mempelajari jalur hukum yang tersedia, apa pun itu jalurnya, pasti akan kami tempuh. Namun, yang pasti kami tidak pernah dapat surat peringatan sekalipun," jelas Agus.

Agus menegaskan, langkah hukum yang ditempuhnya itu bukan karena jabatan politik atau kekuasaan semata. "Saya menempuh jalur hukum semata-mata hanya karena kecintaan saya kepada partai yang saya sudah geluti sejak saya berumur 17 tahun," jelasnya.

Sementara itu politisi Golkar lainnya Poempida Hidayatullah yang juga di depak partainya mengaku belum bisa mengkonfirmasi langkah apa yang akan diambil paska keluarnya surat pemberhentiannya dari partainya. Saat ini, ia mengaku bersama rekan-rekannya akan berkonsultasi dan mengkaji terlebih dulu langkah yang akan diambil.

Sementara itu Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto saat ditemui di Gedung DPR mengatakan DPP Partai Golkar sudah memberhentikan tiga anggota DPR RI, yakni Agus Gumiwang, Poempida Hidayatullah dan Nusron Wahid. Dengan diberhentikannya mereka sebagai kader Golkar. Otomatis ketiganya berhenti menjadi anggota DPR RI. "Sudah (dipecat), kemarin sudah melalui proses panjang," kata Setya Novanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (24/6).

Ia menyampaikan bahwa sebelum adanya pemberhentian ketiganya telah diberikan teguran. Namun, dirinya tak memberikan alasan rinci mengapa tiga orang tersebut dipecat. "Sudah diputuskan di DPP Golkar, tiga orang ini sudah dilakukan pemberhentian dari Partai Golkar," tegasnya.

Poempida, Nusron dan Agus diketahui mendukung pasangan Jokowi-JK. Sementara Partai Golkar  melalui Ketua Umumnya Aburizal Bakrie secara resmi memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa.

BACA JUGA: