Kabar mengejutkan mewarnai arena Pilgub Jatim 2018. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Abdullah Azwar Anas yang telah diusung PDIP dan PKB dikabarkan mengundurkan diri.

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Kabar mengejutkan mewarnai arena Pilgub Jatim 2018. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Abdullah Azwar Anas yang telah diusung PDIP dan PKB dikabarkan mengundurkan diri. Posisinya juga dikabarkan akan digantikan oleh Wakilota Surabaya  Tri Rismaharini (Risma).

Belum ada kejelasan soal alasan pengunduran Bupati Banyuwangi ini dari pencalonannya sebagai Calon Wakil Gubernur mendampingi Gus Ipul. Padahal sebelumnya pasangan inilah yang pertama mendeklarasikan pencalonanya.

Namun kabar pengunduran diri Anas itu dibenarkan oleh Wasekjen PKB Maman Imanulhaq. "Iya, yang saya dengar begitu (mundur dari Pilgub Jatim). Saya dengar dari Basarah (Ahmad Basarah, Wasekjen PDIP)," ujar Maman, Kamis (4/1/2018).

Maman sendiri mengaku tidak mengetahui alasan mundurnya Anasnya dari Pilgub Jatim. "Nggak tahu (alasannya), mungkin ingin konsentrasi di Banyuwangi," ujarnya.

Namun Maman menyebut menggantikan posisi Anas, akan ditempatkan Tri Rismaharini (Risma). Risma dikabarkan akan mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Sementara itu Gus Ipul tak membantah kabar tersebut. Politisi yang tengah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengakui Anas telah menyampaikan rencananya tersebut kepada dirinya melalui pesan singkat WhatsApp.

"Pemberitahuan lewat WA. Berniat menyampaikan (pengunduran diri Anas sebagai cawagub) secara resmi ke DPP. Tapi isinya apa, saya belum tahu," ujar Gus Ipul, Kamis (4/1/2018) malam.

Menurutnya dalam pesan singkatnya itu, Anas tidak menjelaskan secara detail alasan pengunduran dirinya. Namun Anas menurut Gus Ipul ingin bertemu langsung dengan dia terkait masalah ini.

"Masalahnya apa, saya belum tahu. Mas Anas akan menyampaikan secara langsung. Mas Anas mau ketemu saya secara langsung," tuturnya.

Kabar rencana mundur dari pencalonan bakal cawagub itu diakui Gus Ipul sempat membuat dirinya terkejut. Namun pihaknya tak ingin berspekulasi dan membiatkan Anas yang akan menjelaskannya sendiri.

"Saya terkejut (adanya kabar tersebut). Tapi, biarkan mas Anas yang menjelaskan sendiri," ucap Gus Ipul.


AKAN DIUNGKAP DI DPP PDIP - Dikabarkan Anas akan menghadap DPP PDIP untuk menjelaskan langsung alasan pengunduran dirinya dari pencalonanan wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

Belum dipastikan alasan Anas Mundur dari pencalonaan Pilkada Jatim. Namun dalam keterangan tertulisnya Jumat (5/1). Anas menyebut-nyebut ada upaya pihak tertentu dengan pembunuhan karakter dirinya terkait polemik pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Hal itu ditandai dengan beredarnya foto lawas yang diduga terkait dengan dirinya.
Dalam foto yang beredar melalui instant messenger itu, terlihat foto seorang pria yang diduga Anas tengah memangku kaki wanita di dalam sebuah mobil. Terlihat juga ada botol wine dalam gambar tersebut.

"Jadi terkait apa yang jadi desus-desus itu, saya sudah biasa. Perlakuan yang sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan," ujar Anas dalam keterangan tertulisnya.

Namun alasan pasti mundurnya Anas masih menjadi misteri. Mungkin kelak dihadapan DPP PDIP akan terungkap faktor yang membuatkan menyerah untuk mencalonkan Wakil Gubernur Jatim. (dtc/rm)