JAKARTA, GRESNEWS.COM – Telah 11 tahun berdiri, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ternyata belum memiliki gedung sendiri. Hingga kini DPD masih menumpang gedung Sekretariat Jenderal DPR. Untuk memenuhi kebutuhan gedung untuk aktivitas sehari-hari, DPD mengincar gedung yang kini ditempati Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora). Sementara Kemenpora yang mempersilahkan gedungnya digunakan DPD, berharap memperoleh gedung baru.

Ketua DPD Irman Gusman mengatakan DPD telah berkoordinasi dengan presiden maupun Kemenpora. Pemerintah pun telah menyatakan setuju atas niat DPD tersebut. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa DPD seharusnya layak mendapatkan gedung sesuai jumlah mulai dari anggota, sekretariat, staf ahli, dan pegawai yang mencapai 1000 orang.

"Ruangan pegawai terpaksa harus dibagi bersama untuk dipakai anggota," ujar Irman saat ditemui wartawan di DPD, Jakarta, Kamis (29/1).

Ia menyebutkan lembaga lain seperti Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial saja sudah memiliki gedungnya sendiri. Kondisi DPD yang masih menumpang tersebut membuat DPD harus bolak balik meminjam izin ruangan misalnya ke MPR.

Menurutnya, ruangan rapat DPD dengan menteri kurang layak dibandingkan dengan DPR. Bahkan ruangan pimpinan DPD pun meminjam satu lantai pada DPR. Irman menilai permintaan DPD untuk bisa mendapatkan gedung tidaklah berlebihan. Sebab DPD memang tidak memiliki gedung yang menjadi kebutuhan mereka.

Merespon permintaan DPD tersebut, Menpora Imam Nahrawi menyetujui niat DPD yang meminta kantornya untuk ditempati. Ia berharap perpindahan bisa dilakukan sesuai landasan hukum dan sekretaris negara menyediakan pengganti gedungnya.

"Kalau memang DPD dan DPR ada yang mau ditawarkan akan kita pelajari lebih dulu. Karena ini tidak berdiri sendiri tapi berurusan dengan sekretaris negara dan kementerian lain," ujar Imam pada kesempatan terpisah di DPR, Jakarta, Kamis (29/1).

Ia melanjutkan kalau ke depan ada kesepakatan bersama antara pihak terkait, Kemenpora bisa memiliki gedung baru yang lebih representatif untuk anak muda. Sebab menurutnya, gedung kemenpora yang ada saat ini perlu diperbaiki ‘casingnya’. Soal kemana Kemenpora akan pindah ke gedung mana, ia mengaku belum tahu.

BACA JUGA: