Luhut dan Susi "Adu Kuat" Soal Penenggelaman Kapal

Selasa, 09 Januari 2018, 12:53:48 WIB - Politik

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan pemaparan saat diskusi publik, di Jogja Expo Centre, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (15/12). Dalam acara yang menjadi rangkaian Lustrum XII SMA N 1 Yogyakarta itu Susi Pudjiastuti menceritakan kenangannya semasa sekolah di SMA N 1 Yogyakarta serta berpesan kepada generasi muda agar lebih menyiapkan masa depan sedini mungkin menyusul tantangan kedepan akan semakin berat. (ANTARA)



PENENGGELAMAN KAPAL SESUAI UU - Dalam akun twitter pribadinya, Susi mencuitkan hal soal penenggelaman kapal ini. Susi menyebut, aksi penenggelaman kapal pencuri ikan dan pelarangan anak buah kapal (ABK) asing sudah diatur Undang-Undang.

'Mohon disosialisasikan mungkin masih banyak yang belum tahu Penenggelaman kapal pencuri & pelarangan ABK asing itu ada diatur dalam UU Perikanan NKRI,' cuit Susi.

Menurutnya, kapal asing pencuri ikan yang selama ini ditenggelamkan karena memang sudah diputus pengadilan dan sudah incraht untuk dimusnahkan. Sementara yang belum diputus untuk dimusnahkan, statusnya sebagai sitaan untuk negara.


'Kalau putusan pengadilannya begitu (ditenggelamkan) ya harus dieksekusi. Kalau tidak ya pelanggaran atau contempt of court,' tandas Susi.

Dia menambahkan, selama ini dia menjalankan hukum dan kebijakan pemerintah atas restu Presiden Joko Widodo. 'Jadi salah kalau ada yang beranggapan penenggelaman kapal itu sebagai aturan hukumnya Susi,' ujarnya.

Sebelumnya Susi pernah mengungkapkan ada pihak yang ingin agar penenggelaman kapal asing dihentikan. Bahkan, mereka menginginkan agar kapal-kapal asing itu boleh digunakan kembali dengan cara dilelang lebih dulu.

'Sekarang ini katanya ada lobi-lobi investor, ada juga lobi-lobi eks pemain (kapal asing), eks ilegal fishing yang menginginkan, penenggelaman kapal tidak perlu, kapalnya dilelang saja, dibagikan ke nelayan,' kata Susi di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Jumat (18/8/2017).

Dia tidak setuju jika penenggelaman kapal asing dihentikan. Adanya kampanye terselubung soal penenggelaman kapal harus ditentang. Pemerintah justru harus membuat gebrakan agar para pencuri ikan di perairan Indonesia takut, dan penenggelaman kapal jadi satu-satunya cara.

'Ini memagarinya dengan membuat mereka takut dan segan. Penenggelaman ini menjadi satu-satunya cara supaya tidak ada keraguan di antara para aparat kita,' ujarnya.

'Jangan dilelang. Nanti kalau dilelang siapa yang bisa ambil? Yang menang? Nanti kapal-kapal Vietnam, Thailand, banyak lagi diperairan kita. Kita nanti tidak bisa bedain mana yang legal dan tidak, balik kayak dulu lagi, dan itu enggak boleh terjadi,' ujar Susi.

Dia juga menyindir para investor yang ingin menghentikan kebijakan penenggelaman kapal. 'Investor ini yang aneh, kenapa takut sama penenggelaman kapal. Mau invest apa mau nyuri? Kan sudah jelas kapal asing enggak boleh, mau ngapain lagi?' tegasnya.

Susi berharap kebijakan itu tidak berubah, termasuk saat dirinya tidak lagi menjadi menteri. Untuk itu, dia meminta para akademisi, mahasiswa, dan berbagai pihak lainnya turut mengawasi. (dtc)


Baca selanjutnya: 1 2

Komentar