JAKARTA, GRESNEWS.COM - Resmi sudah Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjadi presiden dan wakil presiden RI setelah mengucapkan sumpah di hadapan sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hari ini, Senin (20/10). Beragam harapan pun segara diapungkan kepada Jokowi dan JK untuk bisa membawa Indonesia lebih sejahtera dan berdaulat.

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang hadir dalam acara pelantikan itu juga ikut mengungkapkan harapannya terhadap pemerintahan baru agar fokus meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sehingga, janji politik selama kampanye pilpres lalu dapat dirasakan secara nyata, bukan sekadar janji surga.

"Harapan saya, pemerintah baru bisa membawa Indonesia sejahtera, aman, dan maju, sesuai dengan janji politiknya," ujarnya, di Gedung MPR Senayan, Jakarta, Senin (20/10).

Lebih lanjut Ical mengatakan, upaya menyejahterakan rakyat Indonesia merupakan inti keinginan rakyat. Jika negara sejahtera, rakyat akan merasakan dampaknya. "Tentu kehidupan mereka akan lebih baik," kata Ical.

Karena itu, menurut dia, penempatan menteri yang kredibel dan akuntabel agar mampu menterjemahkan visi dan misi pemerintah dalam bentuk program kerja nyata sangatlah diperlukan.

Jokowi sendiri dalam pidatonya berjanji salah satunya akan mengembalikan kejayaan bangsa sebagai bangsa maritim dengan slogan Jalesveva Jayamahe atau justru di lautan kita jaya. Jokowi mengatakan, dia memahami Indonesia sebagai negara kelautan punya kekuatan besar dan akan jaya di bidang maritim.

Sebagai nahkoda kapal ia mengajak para rakyat sebagai awak kapal untuk sama-sama mengarungi samudera pemerintahan lima tahun ke depan. Dengan memikul pekerjaan bersama, kata Jokowi, ia yakin jalan sejarah berikutnya akan terukir hebat di bidang ekonomi.

"Saya yakin tugas ini bisa kita pikul bersama dengan persatuan dan kerja keras, persatuan adalah syarat. Kita tak akan pernah besar jika dipecah, kita tak akan pernah betul merdeka jika tak bekerja keras," ucapnya, di Senayan, Jakarta, Senin, (20/10).

Untuk itu, Presiden RI ke-7 ini mengajak lembaga daerah untuk bekerja dengan semangat yang sama membangun pemerintahan. "Negara akan semakin kuat jika semua lembaga negara bekerja sama untuk nelayan, buruh, petani, pedagang bakso, akademisi, guru, TNI, Polri bahu membahu," ujarnya.

Lima tahun ke depan Presiden Joko Widodo menargetkan akan menjadi momentum sebagai bangsa yang merdeka. "Samudera, laut, selat, dan teluk adalah masa depan peradaban kita. Kita telah terlalu lama diam, kini saatnya kita kembalikan semua membangun Indonesia menjadi negara samudera. Jiwa laut yang berani menghempas gelombang, dan saya akan berdiri di atas kehendak rakyat serta konstitusi," janjinya.

BACA JUGA: