Menebak Arah Koalisi Pilkada DKI Putaran Kedua

Minggu, 19 Februari 2017, 12:00:06 WIB - Politik

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama KMNI relawan yang sebelumnya dukung Agus-Sylvi deklarasi untuk mendukung pasangan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Kamis (16/2). (ANTARA)


JAKARTA, GRESNEWS.COM - Pertarungan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang memasuki putaran kedua diprediksi bakal berlangsung sengit. Kedua kubu pasangan tengah berebut menarik pendukung dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni yang tumbang di putaran pertama ke kubu masing-masing. Namun beberapa partai pendukung Agus - Sylvi secara eksplisit mengaku belum menentukan mengalihkan dukungannya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto memberi sinyal bahwa partainya akan mendukung pasangan Anies - Sandi. Yandri menuturkan, sejak awal memang PAN berkeinginan mencari figur selain Basuki Tjahaja Purnama. Alasan itu pula yang membuat PAN tidak merapatkan ke PDIP lantaran figur Ahok yang dinilai tidak cocok dengan kultur politik Partai PAN.

"PAN dari awal mencari alternatif calon selain Ahok, itu komitmen kami," kata Yandri Susanto dalam diskusi yang bertajuk "Sinema Politik Pilkada DKI" di Cikini Raya, Jakarta, Sabtu (18/2).

Yandri juga mengungkapkan simpatiknya terhadap pasangan Anies - Sandiaga Uno. "Anies bagus," puji Yandri. Kendati begitu, PAN juga akan berhitung untuk mendukung salah satu kandidat. Menurut Yandri, politik DKI sebagai parameter politik nasional jangan sampai memberi dampak buruk terhadap masa depan dan kontestasi PAN ke depan.



"Enggak mau kami seperti Pileg, Pilpres ada resiko sampai kesitu," imbuh Yandri.

Sementara itu Ketua DPP Partai Demokrat Roy Suryo menyatakan belum menentukan komitmen arah dukungan antara Ahok dan Anies Baswedan. Pihak pemenangan belum menentukan secara resmi meskipun secara personal mempersilakan partai pendukung maupun secara personal untuk mendukung salah satu pasangan calon.

"Sebelum ada pengumuman tetap dari KPUD, tim pemenangan Agus -Sylvi belum mengarahkan dukungan ke salah satu paslon," kata Roy Suryo diplomatis.

Meskipun begitu, Roy memastikan dukungan itu akan dialihkan kepada salah satu pasangan. Dalam kontestasi pilkada berbeda dengan sikap Partai Demokrat yang selalu menjadi penyeimbang dalam beberapa kebijakan di parlemen. Posisi dalam kontestasi Pilkada menurut Roy, dengan perolehan 17 persen cukup signifikan untuk mendongkrak ke salah satu pilihan.

Baca selanjutnya: 1 2

Komentar