Demokrat Bermanuver, Nasib Emil di Ujung Tanduk

Kamis, 07 September 2017, 11:00:00 WIB - Politik

Walikota Bandung Ridwan Kamil (ANTARA)

TOLAK POSISI CAWAGUB - Terkait hal ini, Emil sendiri sudah menegaskan tak akan maju jika posisi yang ditawarkan adalah calon wakil gubernur (cawagub). Otomatis Emil memang harus bekerja keras meraih dukungan parpol agar mau mengusungnya menjadi cagub. "Kalau ditawarkan untuk nomor dua lebih baik jadi warga lagi. Karena gaya saya mah, gaya lapangan orang kerja," kata Emil, Senin (4/9).

Emil mengklaim survei dirinya saat ini cenderung positif. Bahkan saat ini hanya ada dua nama yang bisa melambungkan namanya di puncak survei jika disandingkan sebagai Cawagub.

Kedua nama tersebut adalah dai kondang Aa Gym dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. Sementara jika disandingkan dengan nama beken sekelas Desy Ratnasari survei membuktikan jika elektabilitas tetap meningkat namun tidak signifikan. "Maka artinya saya enggak pilih-pilih mana saja yang koalisi berikan," katanya.

Untuk memuluskan itu semua Emil mengaku saat ini sedang berupaya menggenapkan koalisi partai pendukung. Meski PKB dalam waktu dekat akan mendeklarasikan diri sebagai partai pengusung, namun hal itu belum mencukupi.

"Saya masih punya PR menggenapkan dengan PPP atau Demokrat. Setelah itu diskusi antara mereka apakah legowo jika salah satu kadernya maju (jadi Cawagub)," ucapnya.

Jika dalam diskusi tersebut terjadi deadlock maka Emil akan meminta agar partai mengajukan nama calon masing-masing untuk kembali disurvei pada masyarakat. Sehingga akan diketahui siapa yang diinginkan masyarakat. (dtc)


Baca selanjutnya: 1 2 3

Komentar