Hakim tinggi Karel Tuppu membantah terlibat kasus Saipul Jamil melalui istrinya, Berthanatalia. Bertha merupakan pengacara Saipul Jamil yang ditangkap tangan KPK saat memberi segepok uang ke panitera pengganti PN Jakut Rohadi.

"Dia (Bertha) mengatakan ada rencana penangguhan penahanan. Saya katakan berikan saja penjelasan apa alasannya," kata Karel dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (15/9)

Karel mengaku kenal dengan Rohadi sebagai panitera pengganti di PN Jakut, sebab Karel juga pernah bertugas di PN Jakut pada 2003. Karel juga mengaku kenal dengan Ifa Sudewi, ketua majelis hakim Saipul Jamil.

"Saya tidak pernah dalam pikiran saya mencampuri perkara yang sedang dia (Bertha) tangani. Begitu pun sebaliknya," ujar Karel.

Saipul diputus 3 tahun penjara dalam putusan yang dibacakan 14 Juni 2016. Sehari setelah putusan, Berthanatalia ditangkap KPK. Ia ditangkap saat mengantarkan segepok uang ke panitera pengganti Rohadi. Uang itu diyakini KPK terkait vonis tersebut. (Ena/Dtc)

BACA JUGA: