Tim pencari fakta (TPF) Fredi Budiman mengumumkan hasil investigasi dalam testimoni Fredi ke Koordinator KontraS, Haris Azhar. TPF memastikan tidak ada aliran dana dari Fredi ke petinggi Polri.

Anggota TPF Effendi Ghazali mengatakan TPF menemukan satu aliran dana dari satu oknum. Selan itu, terdapat "tukar kepala" terkait Fredi.

"Karena orang ini disuruh mengaku oleh Fredi bernama Rudy. Ini dikenal dengan strategi tukar kepala. Jadi namanya bukan Rudy dia diminta menyebut nama Rudy," kata Effendi di PTIK, Jalan Tirtayasa, Jakarta, Kamis (15/9).

Effendy menjelaskan, orang yang disuruh mengaku bernama Rudy ini terkait dengan kasus 1,4 juta ekstasi yang juga dituduhkan ke Fredi.

Terdapat pula oknum jaksa yang meminta uang kepada orang yang disuruh mengaku Rudy ini dengan imbalan pasal akan diubah. Tak hanya uang, istri orang tersebut juga menemani karaoke oknum jaksa.

"Tapi dia tidak bisa, sehingga pasal tidak bisa diubah dan orang ini dihukum mati. Orang ini namanya Teja, ada di LP Cipinang. Jaksa minta uang untuk mengubah pasal, namun tak ada uang sehingga dia dihukum mati," ujar Effendi. (Ena/Dtc)