Terminal bus Blok M hari ini, Senin (21/12) tampak lengang. Yang membuat suasana sedemikian sepi adalah absennya ratusan unit bus Metromini yang saban hari biasa memadati terminal itu. Tak ada antrean satu unit pun bus yang memiliki ciri khas bodi berkelir oranye itu.

Puluhan penumpang yang biasa menggunakan jasa angkutan yang belakangan marak diberitakan karena aksi ugal-ugalan yang kerap merenggut korban jiwa itu, terlihat bingung harus mengganti moda kendaraan umum.

"Saya mau ke Fatmawati, tapi bingung naik apa," ujar Murti (25) saat ditemui gresnews.com di Terminal Blok M, Jakarta Selatan, Senin (21/12).

Murti yang bekerja sebagai pegawai toko ini biasanya menggunakan Metromini S610 namun karena aksi mogok hari ini Murti mengaku terpaksa mencari alternatif angkutan lain dan harus siap terlambat ke tempat kerja."Bel um tau naik apa ini,paling ojek tapi juga pasti terlambat ke toko,"keluh nya.

Berdasarkan informasi yang diterima, Metromini yang mogok beroperasi di Terminal Blok M hari ini Metromini 610 rute Blok M-Pondok Labu, S77 Blok M-Ragunan, S72 jurusan Blok M-Lebak Bulus, S74 Blok M-Rempoa dan S611 Blok M-Pasar Jumat.

Pemogokan massal awak Metromini ini merupakan bentuk protes mereka atas kebijakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok kesal dengan ulah ugal-ugalan awak Metromini yang sampai memakan korban jiwa dalam beberapa waktu belakangan ini.

Sebagai upaya pembenahan dan pencegahan kecelakaan serupam Ahok pun mengandangkan bus Metromini yang dinilai tak laik jalan. Meski Metromini mogok beroperasi berdasrkan pantauan belum terlihat adanya penumpukan penumpang di Terminal Blok M hingga siang ini. (Edy Susanto/Gresnews.com)

 

BACA JUGA: