Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai pengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono–Sylviana Murni mengambil langkah politik untuk mengalihkan dukungan kepada paslon nomor urut 3 Anies Baswedan- Sandiaga Uno. Hal ini menyusul pasangan Agus-Sylvi yang dipastikan tereliminasi diputaran pertama. Bahkan, pasangan nomor urut 1 ini sudah mengaku kalah dan mengucapkan selamat kepada pasangan yang lolos ke putaran kedua meski belum ada hasil resmi dari KPU DKI.

"Insya Allah PAN merapat ke Anies-Sandi di putaran kedua ini. Namun, kami masih menunggu hasil resmi dari KPUD untuk mengetahui real countnya. Jika hasil akhirnya begini, kami pastikan akan dukung Anies-Sandi di putaran kedua," kata Wasekjen DPP PAN, Dipo Ilham di Jakarta, Jumat (17/2).

Menurut Dipo, dukungan PAN untuk Anies-Sandi lebih realistis karena ada kemiripan visi- misi, sementara dengan Ahok-Djarot, ia menilai tidak ada kecocokan dari sisi karakter, etika, maupun visi-misi. "Kami sepakat ingin memberi alternatif pemimpin bagi masyarakat Jakarta. Makanya, kita sudah mulai berdiskusi dengan tim pemenangan Anies- Sandi sejak kemarin malam," terang pengusaha muda ini.

Lebih lanjut Dipo menyebutkan partai- partai pengusung Anies-Sandi yang terdiri dari Gerindra dan PKS sudah melakukan persiapan koalisi dengan kubu Cikeas dan menyiapkan strategi memasuki putaran kedua. "Dalam waktu dekat ini, kami akan segera mendeklarasikan dukungan dan mulai menjalin kerjasama untuk upaya pemenangan Anies- Sandi," tukas Dipo. (gresnews.com/mag)

BACA JUGA: