JAKARTA, GRESNEWS.COM - Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, akan mengikuti pilihan suara kiai NU di Jatim terkait dukungan. "Saya serahkan pada ulama pesantren dan NU Jatim, yang tahu baik itu kiai di Jatim. Pokoknya, pilihan kiai Jatim saya dukung," ujar Said Aqil di kediaman Mega, Jl Teuku Umar, Jakpus, Sabtu (14/10)

Lebih lanjut, ia juga menyinggung terkait situasi politik nasional antara NU dan PDIP. NU dan PDIP berkomitmen untuk saling bersinergi. "Pemetaan situasi nasional kita, semua tahu NU dan PDIP atau ulama dan nasionalis selalu sama pandangannya dan selaku bergandengan tangan," sebutnya.

Ia turut membahas rencana pembangunan masjid oleh PDIP di kawasan Lenteng Agung, Jaksel. Kembali lagi ke Pilgub Jatim, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati meminta masukan ke Said Aqil terkait nama yang akan diusung PDIP di Pilgub Jatim.

"Kiai Said datang dengan rombongannya dan Ibu Mega menanyakan terkait dengan nama-nama yang diusung di Pilkada Jatim," terang Hasto dalam kesempatan yang sama.

Mega hari ini bertemu sejumlah pengurus/kader partai. Tampak hadir Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Semua yang dinilai masyarakat layak untuk memimpin Jatim ke depan, hari ini bertemu Ibu Mega," ujar Hasto Kristiyanto.

PDIP rencananya, hari ini, Minggu (15/10) akan mengumumkan pasangan cagub-cawagub yang akan diusung dalam Pilgub Jatim 2018. "Tentang nama-nama yang akan dimunculkan, tunggu, Minggu 15 Oktober 2017 jam 09.30 WIB," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10).

Berdasarkan informasi, PDIP tak hanya mengumumkan paslon yang diusung dalam Pilgub Jatim, tapi juga paslon yang akan mereka usung dalam Pilgub Sulawesi Selatan. Untuk Pilgub Jatim, sebelumnya disampaikan oleh Wasekjen PDIP Ahmad Basarah partai berlambang moncong putih akan berkolaborasi dengan PKB untuk mengusung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Cagub.

Sementara itu, bakal Cagub Jatim lainnya yakni Menteri Sosial saat ini Khofifah Indar Parawansa dipastikan akan mendapat pinangan dari partai NasDem. Sementara itu, untuk Pilgub Sulsel hingga kini belum diketahui siapa saja kandidatnya. (dtc/mag)

BACA JUGA: