Kemenangan pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta membuat masyarakat sangat antusias menunggu realisasi janji-janji program saat kampanye. Terutama soal program rumah dengan uang muka atau DP Rp 0 dan harga Rp 350 juta.

Anies yakin dapat merealisasikan program perumahan dengan DP Rp 0. Anies menargetkan di tahun pertama dalam kepemimpinannya. "Karena itu masalah pembiayaan saja kok. Bukan bikin rumah kan, hanya pembiayaaan," kata Anies di Jalan Lebak Bulus Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (28/4).

Anies juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang membangun perumahan bagi buruh di kawasan Tangerang Selatan. Ia semakin optimis programnya dapat terlaksana dengan baik.

"Ya bagus, dari awal kita optimis terus, dari awal kita optimis bahwa hal ini bisa dikerjakan. Yang dibutuhkan tinggal kesempatan untuk menjalankan. Bagi yang tidak percaya, ya dikasih kesempatan pun tidak bisa dikerjain," ujar Anies.

"Perhitungan keuangannya bisa. Peraturan keuangannya meyakinkan dan sudah banyak dipraktikkan di berbagai negara," sambungnya.

Sebelumya diberitakan, Presiden Joko Widodo pada Kamis kemarin meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Rusunami Loftvilles di Tangerang Selatan. Unit Rusunami Loftvilles dengan luas 32 meter persegi terdiri dari 2 kamar tidur dan satu kamar mandi ini bisa dimiliki para pekerja dengan cara cicilan KPR dengan uang muka (DP) hanya 1%.

Program DP 0% ini sebenarnya masih memakai DP hanya saja pemerintah DKI akan membayar DP sebesar 15%, dengan syarat sebagai berikut :

1. Punya penghasilan minimal 7 juta/bulan.

2. Sudah menjadi warga Jakarta minimal 5 tahun sejak pembuatan KTP.

3. Sudah menabung di Bank DKI minimun 6 bulan dengan jumlah tabungan minimal Rp 2,3 juta per bulan.

4. Hunian yg diberikan berupa rumah vertikal atau rusun.

5. Harga rusun maksimal 350 juta

6. DP ditalangi pemprov DKI sebesar 15% dari 350 juta =52,5 juta. DP ini akan dicicil Debitur sesuai ketentuan pemprov DKI. (dtc/mfb)

BACA JUGA: