JAKARTA, GRESNEWS.COM - Sales Area Head Area Semarang PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Heri Frastiono mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penyusunan front end engineering design (FEED) dan detail engineering design for construction (DEDC). Hal itu dilakukan terkait adanya usulan ekspansi jaringan di wilayah Semarang Timur dan Blora.

Usulan rencana pengembangan jaringan pipa gas Semarang Timur-Blora ini, dilakukan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM. Pemerintah memandang penting ekspasnsi ini untuk kepentingan pelanggan rumah tangga di wilayah Semarang Timur dan Blora.

Menurut Heri, jika usulan itu disetujui pemerintah, maka pembangunannya bisa dilaksankan pada tahun 2018 mendatang. "Lokasi yang akan dikembangkan adalah di sekitar wilayah jaringan pipa gas existing," kata Heri, Jumat (7/7).

Pemerintah mengusulkan, pembangunan sejumlah 10 ribu sambungan rumah (SR) yang terdiri atas 5.000 SR wilayah Semarang dan 5.000 SR di Blora. Heri menegaskan, PGN sendiri juga membangun jaringan pipa gas di Jawa Tengah, yaitu di Kawasan Industri Tambak Aji, Kawasan Industri Wijayakusuma, dan Kelurahan Tambak Aji Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Di kawasan tersebut, PGN mengalirkan gas untuk pelanggan sektor industri, komersial dan rumah tangga. Penyaluran gas untuk pelanggan industri sebanyak 13 pelanggan dan 150 pelanggan rumah tangga.

"Pembangunan nasional jalan tol Semarang-Batang membelah pemukiman penduduk di perumahan Wahyu Utomo, Tambak Aji, Ngaliyan. Jumlah pelanggan rumah tangga berkurang sekitar 50 pelanggan," pungkas Heri. (mag)

BACA JUGA: