"Jika memang APBD tidak bisa mengcover itu, bisa menggandeng pihak swasta, atau dengan alternatif bisa jalan layang berbayar."

JAKARTA - Ketua Umum Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (Katar), Sugiyanto, mengatakan Gubernur Jokowi harus mempertimbangkan efektifitas jalan layang untuk mencegah kemacetan parah saat banjir seperti beberapa waktu lalu.

"Saya pikir mendesak untuk segera dibuat jalan layang, dengan kondisi Jakarta di tengah kemacetan dan banjir yang selalu menjadi momok menakutkan bagi warga. Dengan adanya jalan layang ini, tentu permasalahan macet itu bisa terurai" ujar Sugiyanto saat dihubungi melalui telepon  Selasa, (29/1).

Jalan layang ini, lanjut Sugiyanto, selain bisa mengurai kemacetan yang setiap hari terjadi, tentu juga bisa menjadi jalan utama, ketika hujan besar yang menyebabkan genangan air hingga banjir yang tentunya sulit dilalui oleh kendaran roda dua maupun empat.

Ia mengakui APBD DKI Jakarta tak akan mampu jalan layang tersebut, makanya Pemprov DKI harus menggandeng pihak swasta untuk proses pembangunannya. "Jika memang APBD tidak bisa mengcover itu, bisa menggandeng pihak swasta, atau dengan alternatif bisa jalan layang berbayar," ucap Sugiyanto.