AMERIKA SERIKAT - Departemen Kepolisian New York (NYPD) mengatakan, sedang menguji perangkat baru yang memungkinkan petugas mendeteksi senjata yang dibawa seseorang, tanpa petugas harus menegur langsung, demikian dilansir foxnews.com, Kamis (24/1).

Komisaris Polisi, Raymond Kelly, menegaskan perangkat baru itu menyerupai scanner tubuh yang digunakan di bandara, mampu membaca energi tubuh untuk mengetahui apakah seseorang sedang menyembunyikan senjata.

The Wall Street Journal melaporkan, perangkat yang dikenal sebagai "Mesin T-Ray" membaca radiasi Terahertz, yang merupakan energi alam yang dipancarkan oleh manusia dan benda mati. "Jika ada sesuatu menghalangi aliran radiasi itu, misalnya senjata, perangkat akan menyorot objek itu," kata Kelly.

Kelly kemudian menunjukkan gambar di mana scanner T-Ray menyoroti tubuh seorang perwira yang sedang bertugas di jalanan, yang jelas memperlihatkan garis pistol.

Sementara itu, kritikus mengatakan penggunaan mesin itu bisa menyebabkan pelanggaran privasi. "Setiap teknologi yang memungkinkan polisi untuk mengintip ke tubuh seseorang, menimbulkan banyak pertanyaan," kata Donna Lieberman, kepada Wall Street Journal.

BACA JUGA: