JAKARTA - Banda Aceh diguncang gempa bumi dengan kekuatan 6.0 SR, Senin (22/1) pada pukul 05:22:42 WIB. Lokasi gempa berada pada titik kordinat 5.49 Lintang utara 95.21 Bujur Timur yang mengguncang wilayah Barat Daya Aceh. Pusat gempa berada di kedalaman 15 km Barat Daya Kota Banda Aceh, 35 km Barat Laut Kabupaten Aceh Besar, 36 km Barat Daya Kota Sabang Aceh. Pusat gempa berada di laut sekitar Pulau Penasi antara Banda Aceh dan Pulau Breueh di kedalaman 84 km.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho gempa itu tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan keras selama dua hinggga lima detik oleh masyarakat di sekitar Lhoknga, Peukanbada, Ulelhee, Banda Aceh. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.

Sutopo menambahkan 25 menit kemudian diikuti oleh gempa susulan 5,1 SR, pada tempat yang hampir sama dengan kedalaman 16 km. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan. BPBD Aceh masih melakukan pemantauan. Saat ini sebagian masyarakat masih berada di luar rumah dan sebagian telah menjalankan aktivitasnya.


BACA JUGA: