JAKARTA, GRESNEWS.COM - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, dana Rp1.000 per suara cukup untuk menopang partai politik. Dia berpendapat wajar bila negara memberikan bantuan dana kepada partai politik.

"(Dana parpol) Dalam rangka menjaga kekuatan partai dan menjadi bagian dari kekuatan yang menopang negara. Sah-sah saja mendapatkan bantuan APBN. Rp 1.000 sudah bagus, apalagi kalau sejuta (Rupiah)" kata Muhaimin kepada wartawan di sela acara halal bihalal, di kediamannya, Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7).

Menurutnya, bantuan dana parpol dari Pemerintah yang sejumlah Rp108 per suara sangatlah kecil. Dengan adanya wacana menaikkan dana persuara menjadi Rp1.000, menjadi angin segar untuk partai. "Jumlah yang sangat kecil kan selama ini. Nah kalau diperbesar tentu berkah buat partai," ucap Muhaimin.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengucapkan sejatinya dana parpol bermanfaat untuk menjaga akuntabilitas keuangan sebuah partai. "Dengan adanya bantuan yang besar dari negara maka transparansi partai politik semakin terjaga," ujar dia.

Saat ini pemerintah mengeluarkan dana sekitar Rp13,42 miliar untuk 12 partai politik peserta Pemilu 2014. Jika dana bantuan parpol dinaikkan menjadi Rp 1.000 per suara, pemerintah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp124,92 miliar. (dtc/mag)

BACA JUGA: