JAKARTA, GRESNEWS.COM - Langkah Khofifah Indar Parawansa di ajang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 akhirnya semakin mantap. Minggu (15/10), Khofifah menggelar rapat tertutup dengan para kiai Jatim di Ponpes Tebuireng, Jombang, belum menetapkan nama pasangan Khofifah di Pilgub Jatim. Hasilnya, para ulama pun akan membentuk tim 9 yang bertugas untuk menyeleksi bakal calon pendamping Khofifah.

"Sekarang sedang membahas siapa 7 sampai 9 ulama yang akan dilibatkan untuk memikirkan siapa yang pantas untuk mendampingi Bu Khofifah," kata KH Asep Saifuddin Chalim, salah satu peserta rapat, kepada wartawan.

Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Mojokerto ini menegaskan, di dalam rapat tertutup yang digelar sejak pukul 13.00-16.00 WIB di Ponpes Tebuireng, Jombang belum membahas nama-nama yang menjadi kandidat pasangan Khofifah di Pilgub Jatim 2018. "Belum-belum ada, masih semua nama-nama itu terbuka. Sekarang masih mengumpulkan, yang sekarang belum muncul," ujarnya.

Kiai Asep menjelaskan, saat ini para kiai yang mendukung Khofifah di Pilgub Jatim sedang membentuk tim 9. Tim tersebut beranggotakan para ulama yang mempunyai kapasitas untuk memilih bakal calon wakil Gubernur Jatim mendampingi Khofifah. Tim tersebut beranggotakan para kiai di Jatim.

"Tim 9 masih disusun, sementara masih Gus Solah (Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahuddin Wahid), termasuk saya belum, masuk atau tidak nanti mengukur kemampuan saya memilih orang yang tepat dan baik," terangnya.

Keputusan tim 9 nantinya, lanjut Kiai Asep, tidak menjadi keputusan mutlak untuk menentukan pasangan Khofifah. Menurut dia, pilihan para kiai itu masih akan dibahas dengan partai-partai pengusung dan Khofifah sendiri.

"Tentu kami para ulama tidak mendominasi, hanya merupakan sharing yang nanti akan dimusyawarahkan tentu dengan partai-partai pengusung, terutama dengan Bu Khofifah sendiri. Biar kemudian lengkap dan mendukung terhadap keberhasilan, sekaligus mempunyai kapabilitas dalam melaksanakan tugasnya untuk mewujudkan Jatim adil dan makmur," tegasnya.

Sementara terkait kriteria pendamping Khofifah di Pilgub Jatim, Kiai Asep berharap sosok tersebut mempunyai sifat selalu benar dalam bicara, dapat dipercaya, terampil dalam menyampaikan gagasan dan cerdas. "Juga mempunyai kredibilitas, kapabilitas sehingga akan bisa berjalan bersama-sama dengan baik," pungkasnya.

Sebelumnya Khofifah menyerahkan calon pendampingnya di Pilgub Jatim kepada para kiai. Perempuan yang saat ini menjabat Mensos itu menyebut hari ini sosok bakal calon wakil gubernur pasangannya akan ditentukan. (dtc/mag)

BACA JUGA: