Anggota Komisi I DPR RI, Nuning Kertopati, meminta Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Kementerian Hukum dan HAM mengusut tuntas kematian tiga orang TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB) di Malaysia yang diduga organ tubuhnya diperjualbelikan.

Jakarta - Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi didesak, untuk mengusut tuntas kematian tiga pekerja migran asal NTB di Malaysia yang diduga organ tubuhnya diperjualbelikan.

Desakan tersebut dikemukakan Anggota Komisi I DPR RI Nuning Kertopati menyikapi kecurigaan adanya tindak ilegal yang melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan.

"Pihak Kemlu, Kemenkumham dan Kemnakertrans harus mengusut tuntas hingga kita clear pihak mana yang melakukan itu," kata Nuning kepada gresnews.com di Jakarta, Senin (23/4).

Politisi Partai Hanura itu juga meminta KBRI Indonesia di Malaysia untuk mencari dan mendalami informasi tersebut. "KBRI juga harus serius menangani itu. Bagaimanapun mereka anak bangsa yang harus kita lindungi."

Dilanjutkan Nuning, untuk menghindari hal seperti itu terulang di kemudian hari, Nuning menyarankan, agar sistem pengiriman TKI ke luar negeri diperbaiki. "Menurut hemat saya, sebaiknya sistem pengiriman TKI diperketat agar menghindari pengiriman ilegal, sangat mengkhawatirkan jika penjualan organ ini terjadi liar bagi TKI illegal," kata Nuning.