Penyebaran spirit Energi Baik oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di bidang kesehatan terus dilakukan. Salah satunya melalui aktivitas rutin dengan cara menyediakan pos kesehatan keliling di sejumlah daerah.

Terbaru, masyarakat di Batam bisa merasakan manfaat dari fasilitas kesehatan keliling itu. "Ini seperti puskesmas keliling lah," kata Koordinator Lapangan PGN Wilayah Batam Frisca Yuliana di Sport Hall Temenggung, dikutip dari SindoBatam, Minggu (21/05).

Dia berharap dengan adanya pengobatan keliling oleh PGN bisa membantu masyarakat. Masyarakat yang memanfaatkan layanan gratis tersebut diberikan pengobatan dan juga cek kesehatan seperti cek gula darah, tensi, dan lainnya. "Kami juga memberikan obat bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti obat sakit perut, pening, dan obat lainnya," tuturnya.

Pos kesehatan keliling itu merupakan hasil Corporate Social Responsibility (CSR) PGN. Bukan hanya di Batam tetapi juga sudah dilakukan di beberapa daerah lain seperti di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Selama ini, pos kesehatan keliling dari PGN mengadakan pengecekan kesehatan dijalur pipa gas milik perseroan. Setidaknya, sambungnya, dua kali dalam sebulan mereka rutin mengecek kesehatan warga secara gratis. "Dalam setahun kalau ditung-hitung ada 24 kali," ucap Frisca.

Pos kesehatan keliling itu juga dilengkapi infrastruktur dan tenaga medis cukup memadai. Seperti dokter, perawat, dan sampai apoteker.

Dengan begitu layanan kesehatan bisa lebih maksimal. Masyarakat yang terlayani juga mendapatkan penanganan medis layaknya di tempat fasilitas kesehatan umum lainnya.

Bahkan obat-obatan juga terbilang lengkap untuk menangani berbagai keluhan pasien. Seperti terjadi di acara kolaborasi PGN dengan Kobagas dan IPMI International Business School pada Minggu (26 Februari 2017).

Pada acara diberi tajuk; Community Empowerment, From Theory into Action, itu para peserta dengan mayoritas sopir Bajaj Gas yang memanfaatkan layanan kesehatan bahkan ada yang melakukan cabut gigi. Perawat dan dokter yang menangani sigap melayani.

Masih dari sisi kesehatan, PGN yang selalu berkontribusi dalam program kesehatan kepada masyarakat turut memeriahkan Jalan Sehat Family Day di lapangan Merdeka, Medan, pada Oktober 2016.

Dalam acara tersebut, PGN Medan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh peserta yang hadir.

Sales Area Head PGN Medan, Saeful Hadi, saat itu mengatakan pihaknya ingin memerlihatkan bahwa PGN tidak hanya berorientasi pada bisnis, tapi berorientasi pada kegiatan sosial. "Kami menggelar pelayanan kesehatan gratis. Semua peserta berhak memeriksa kolestrol, gula darah, asam urat dan pemeriksaan kesehatan umum," ujarnya di sela-sela acara.

Dijelaskannya, program kesehatan gratis secara rutin diadakan. Bekerjasama dengan Rumah Zakat dan Palang Merah Indonesia (PMI), PGN melakukan program keliling Medan setiap hari.

"Kami ada juga keliling ke seluruh jaringan pipa distribusi PGN, ya seluruh Medan. Hampir semua, ke Medan Labuhan, Hamparan Perak, Medan Marelan, Mencirim bahkan sampai arah Binjai," paparnya.

Menurut Saeful Hadi, tujuan semua program sosial PGN, ingin mendekatkan diri dengan masyarakat. Hal tersebut pun sejalan dengan program pemerintah dalam mengutamakan kesehatan. (adv)

BACA JUGA: