Partai Nasional Demokrat (NasDem) tidak mempermasalahkan bakal calon gubernur Jabar yang diusungnya, Ridwan Kamil, berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lain berkaitan Pilgub Jabar 2018. Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustopa siap memfasilitasi pria yang kini menjabat wali kota Bandung tersebut berkomunikasi dengan para pimpinan parpol.

"Dari awal mendeklarasikan, kita malah mendorong dan memfasilitasi untuk berkomunikasi dengan partai lain," ujar Saan di kantor DPW NasDem Jabar, Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Minggu (18/6/2017).

Cara tersebut dilakukan lantaran kursi NasDem di DPRD Jabar belum memenuhi persyaratan untuk pencalonan gubernur Jabar. Sehingga, NasDem perlu menjalin koalisi dengan partai lain agar tujuannya menjadikan Emil, sapaan Ridwan, sebagai gubernur Jabar periode berikutnya dapat terwujud.

"Beban politik di Jabar juga besar. Enggak mungkin Kang Emil didorong dengan kekuatan yang kecil, perlu kekuatan yang besar. Tetapi dengan catatan mereka tidak membebani Kang Emil secara politik," katanya.

Bukan hanya untuk komunikasi, sambung Saan, NasDem bersedia memfasilitasi Emil mendaftar ke partai lain. Bahkan, NasDem siap mengantar Emil untuk berkomunikasi langsung dengan para elite parpol di tingkat pusat.

"Untuk ikut penjaringan di partai lain silahkan, kita perbolehkan. Kita fasilitasi juga untuk dipertemukan dengan pimpinan partai lain untuk berkomunikasi," ucap Saan. (dtc/mfb)

BACA JUGA: