Kendaraan besar seperti bus tidak disarankan melalui Jalan Raya Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selain membahayakan juga bisa mengganggu arus lalu lintas di jalur tersebut.

Kanit Lantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman menuturkan kondisi Jalan Raya Maribaya sempit, sehingga sulit dilalui kendaraan besar. "Kondisi jalan kurang maksimal. Karena dulu kelas jalan itu kelas jalan desa, sekarang berubah status menjadi jalan provinsi," kata Asep, Selasa (26/6).

Menurutnya kondisi jalan yang sempit dan ada tanjakan cukup curam, tidak disarankan untuk kendaraan besar. Sebelumnya, dua bus dilaporkan terperosok ke dalam parit di Jalan Raya Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (27/6). Akibatnya, jalur tempat wisata tersebut macet.

Kecelakaan pertama terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Sedangkan kecelakaan kedua sekitar pukul 19.15 WIB. "Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," sebutnya.

Diduga penyebab kecelakaan adalah pengemudi tidak bisa mengendalikan kemudi di jalan sempit yang jalurnya licin karena diguyur hujan. "Terus mungkin karena tidak kuat nanjak, akhirnya mundur terperosok ke parit," ujarnya.

Kondisi arus lalu lintas masih sangat padat karena masih terhalang oleh bus yang terperosok ke parit. Evakuasi bus yang terperosok terjadi pada pukul 19.15 WIB. (dtc/mfb)

BACA JUGA: