Soal Penghentian Reklamasi Sandiaga Tunggu DPRD

Senin, 30 Oktober 2017, 21:02:54 WIB - Peristiwa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberi keterangan kepada wartawan saat akan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10).(ANTARA)


JAKARTA, GRESNEWS.COM - Wagub DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan untuk merealisasikan rencana penghentikan reklamasi teluk Jakarta, pihaknya masih menunggu komunikasi dengan DPRD DKI. Hal itu untuk menyelaraskan rencana tersebut.

'Jadi apa yang sudah disampaikan dalam rencana kerja, janji kerja kita itu sudah final. Dan sekarang justru kita menunggu komunikasi dengan DPRD sebagai stakeholders tentunya kita harus menyelaraskan rencana-rencana kita ke depan,' ujar Sandiaga di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (30/10).

Sandiaga mengharapkan ke depan ada inisiasi pertemuan dengan DPRD DKI. Kendatmui secara informal pihaknya mengaku sudah berDPRD DKI sudah bertemu.

'Komitmen kami untuk memastikan bahwa reklamasi itu dihentikan sesuai dengan rencana kerja kita. Sekarang kita berkoordinasi bagaimana kajian lingkungan hidup strategisnya, ke depan bagaimana pemanfaatannya tentunya terbuka,' katanya.



'Yang penting yang kita hadirkan adalah proses yang sangat transparan dan penuh keterbukaan dan kita harapkan berkeadilan,' tambahnya.

Namun Sandiaga belum bersedia mengomentari soal cara-cara penghentian proyek tersebut. Karena selain masalah teknis, Pemprov DKI Jakarta juga harus memikirkan nasib bangunan-bangunan yang sudah berdiri di atas pulau hasil reklamasi.

'Kita belum ke teknis. Tapi intinya kita terus berkoordinasi. Nanti kita akan tampung semua rencana yang berkaitan dengan itu (pemanfaatan). Karena bagaimana pun juga pulaunya sudah jadi, sudah terbentuk, malah ada bangunan-bangunan tanpa izin. Jadi, itu jadi suatu PR (pekerjaan rumah) bagi kami untuk kita lihat bagaimana untuk pemanfaatannya,' jelasnya. (dtc/rm)

Komentar