KPK Periksa Istri Andi Narogong 5 jam

Selasa, 05 September 2017, 21:16:35 WIB - Peristiwa

Istri Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/9). Inayah diperiksa penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (KTP-el) dengan tersangka Ketua DPR Setya Novanto. (ANTARA)

Istri Andi Narogong, Inayah diperiksa KPK menjadi saksi untuk tersangka dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto. Pemeriksaan hari ini penjadwalan ulang karena Inayah sebelumnya tidak memenuhi panggilan pemeriksaan.

"Ada kebutuhan pemeriksaan tadi saya kira itu penjadwalan ulang di hari yang lain. Dipanggil untuk SN (Setya Novanto)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (5/9).

Namun Febri belum mengetahui materi pemeriksaan untuk Inayah. Inayah sebelumnya sudah memberikan keterangan dalam sidang perkara e-KTP. "Saya belum dapat informasinya, saya kira beberapa hal sudah muncul dalam proses sidang," kata Febri.

Inayah mendatangi gedung KPK sekitar pukul 14.00 WIB. Dia tidak memberikan pernyataan kepada wartawan saat masuk. Hal yang sama juga terjadi usai Inayah diperiksa sekitar pukul 19.30 WIB.



Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Inayah mengaku punya bisnis yang bergerak di bidang penyediaan barang dan jasa. Inayah menyediakan perlengkapan TNI dan Polri, mulai rompi antipeluru hingga water cannon.

"Menyediakan barang dan jasa. Logistik Polri dan Angkatan Darat, Kaporlap, ada peralatan. Kaporlap seperti topi, T-shirt," kata Inayah saat ditanya jaksa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Inayah menjelaskan pengadaan barang dan jasa tersebut berbentuk proyek. Nilai proyek beragam, dengan angka tertinggi di atas dari Rp 10 miliar.

"Bermacam-macam, Rp 1 miliar, Rp 2 miliar, Rp 5 miliar. Pernah pengadaan water cannon di atas Rp 10 miliar. Tapi sudah beberapa tahun ini, 7-8 tahun ini, sudah tidak. Terakhir 2010," jelasnya.

Sebelumnya, majelis hakim mengkonfirmasi bisnis Inayah yang tertuang dalam BAP saat diperiksa penyidik. "Yang diterangkan di BAP Anda katakan jenis pekerjaan yang saya laksanakan TNI AD, Polri, penyediaan T-shirt loreng hijau, ponco baret, emblem dan perlengkapan lapangan lain, benar?" tutur majelis hakim.

"Betul juga," jawab Inayah.

Baca juga: Tegur Istri Andi Narogong, Hakim: Jangan Lirik-lirik!

"Juga pengadaan peralatan kepolisian AWC (armored water cannon) benar? Rompi antipeluru?" tanya majelis hakim lagi.

"Benar," jawab Inayah.

Inayah menikah dengan Andi Narogong pada 2005. Jaksa menyebut tak ada bukti dokumen negara berupa akta pernikahan dari pasangan berbeda agama tersebut. (dtc/mfb)



Komentar