Infrastruktur Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Minggu, 27 Agustus 2017, 21:15:55 WIB - Peristiwa

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima foto dari Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution (kiri) disaksikan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo (kanan) usai mengunjungi pameran pemenang lomba foto pembangunan infrastruktur di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (27/8). Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menggelar pameran lomba foto pembangunan infrastruktur dengan tema "Di Darat, Laut, dan Udara Infrastruktur Kita Bangun". (ANTARA)

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan ada 245 proyek strategis nasional yang menjadi prioritas pembangunannya. Seluruh proyek tersebut pun targetkan rampung pada 2019.

Jokowi berharap seluruh proyek strategis nasional bisa selesai tepat sesuai target. Namun dia mengakui masih ada beberapa proyek yang mengalami kendala.

"Ya kita berharap seperti itu, tapi kan juga kendala-kendala di lapangan itu pasti ada. Kita juga enggak menutup itu ya," tuturnya saat mengunjungi Pameran Infrastruktur Dalam Foto di Silang Monas, Jakarta, Minggu (27/8).

Salah satu kendala yang paling berat dalam proyek-proyek infrastruktur yakni pembebasan lahan. Persoalan terkadang memang membuat proyek sulit untuk berjalan.



"Ada yang pembebasannya satu dua masih bermasalah sehingga konstruksi di lapangannya tidak bisa berjalan. Ya tapi setiap masalah selalu kita bicarakan dalam rapat terbatas," tuturnya.

Kendati begitu, Jokowi mengaku mendapatkan data kebanyakan proyek infrastruktur sudah hampir selesai. Hal itu juga bisa dilihat dalam Pameran Infrastruktur dalam Foto.

"Ini menunjukkan bahwa pengerjaan infrastruktur di lapangan ini sudah ada yang hampir selesai, ada yang proses masih 30%, ada yang 60%, ada yang 70%, ada yang sudah selesai," tukasnya.

Sekadar informasi, dalam acara tersebut Jokowi juga menyempatkan diri untuk melihat foto-foto pembangunan infrastruktur yang tengah dibangun. Namun dirinya mengaku terkejut, ternyata banyak proyek yang belum diketahuinya dalam pameran tersebut.

"Lebih dari separuh tadi yang dipamerkan. Saya pikir saya sudah semuanya, ternyata separuh saya belum pernah, banyak yang belum saya lihat. Baik waduk, beberapa waduk tadi saya belum lihat. Kemudian pelabuhan juga, airport yang kecil-kecil, kemudian jalan tol," tukasnya. (dtc/mfb)

Komentar