Kementerian Perhubungan memakai tiga pola dalam mengantisipasi kepadatan di arus balik Lebaran 2017. Pola ini diterapkan karena waktu libur Lebaran masyarakat yang agak panjang.

"Jadi ada tiga pola, pertama segera ke Jakarta bahkan pada H+3, kemudian mereka pulang memaksimalkan liburan kantor dan pulang Jumat hari ini dan besok, ketiga, kemudian pemudik yang bawa anak-anak bisa balik hari minggu sampai 13," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7).

Dengan adanya 3 pola tersebut ada manajemen waktu yang lebih baik sehingga tidak ada penumpukan arus balik di waktu tertentu. Ke depannya harus ada jeda waktu yang diatur dan dikolaborasikan untuk mengidentifikasi tingkah laku pemudik.

"Untuk menilai kesiapan operator dan pemudik itu yang paling serius. Kalau operator yang paling serius itu bus dan sepeda motor. Kalau ruang waktu, akan direkomendasikan waktu panjang supaya mudik maupun balik bisa diatur dalam beberapa waktu. Untuk space, tahun depan selesai Cipali sampai Surabaya," kata Budi.

Ia mengakui ada masalah baru dengan selesainya jalan Tol dari Cipali hingga Surabaya. Masalah tersebut berkaitan dengan kepadatan dan potensi ekonomi kota-kota yang dilewati disepanjang jalur mudik.

"Ada beberapa kota yang harus ditekankan Brebes dengan telurnya, Pekalongan dengan batiknya tetap memiliki nilai-nilai tambah. Karena kota-kota seperti ini maka kota-kota yang dijalani jalan tol akan mati. Kita sudah berdiskusi dengan Pak Basuki dan setuju, kita akan membuat rest area yang tematik yang bisa menyelesaikan masalah-masalahh lain,"jelasnya.

"Sekarang ada satu life style jalan itu tidak perlu cepat dan berhenti, saya rasa ini life style yang panjang. Pas hari H banyak yang menyebabkan kemacetan karena santai, istirahat di rest area, tidak ada target, bahkan di badan jalan juga mereka istirahat dan ini harus di indentifikasi dan bisa kita direncanakan sesuai itu," katanya.

Sementara itu kondisi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengarah ke Jakarta mulai padat. Petugas sudah memberlakukan sistem satu arah pada KM 126-83 namun kendaraan masih terlihat padat menjelang rest area di KM 102.

Polisi membuat jalur masuk contraflow untuk kendaraan. Terdapat beberapa jalur masuk menuju contraflow di jalan tol tersebut. Sebelumnya, volume kendaraan semakin meningkat menjelang akhir libur Lebaran 2017. Petugas memberlakukan sistem satu arah di Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang mengarah ke Jakarta. (dtc/mfb)

BACA JUGA: